Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin, 13 November 2017 – Renungan Malam

MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA
SENIN, 13 NOVEMBER 2017
Renungan Malam
GB. 84 : 1-Berdoa
MEZBAHKU, KESAKSIAN BAGI-MU

Ezra 3:6-7
Lulu mereka mem berikan uang kepada tukang batu dan tukang kayu, sedang kepada orang Sldon dan Tirus makanan dan minuman, dan minyak, supaya orang-orang itu mam bawa kayu aras dari Libanon sam pai ke laut Yafo,  (ay.7)

Mezbah tidak hanya berarti tempat orang menyampaikan korban/persembahan kepada Tuhan, tetapi juga kesaksian yang bertujuan menunjukkan ketaatan kepada Tuhan. Bacaan kita menunjukkan ketaatan umat dimana mereka tetap memberikan persembahan korban kepada Tuhan, sementara mereka terus berupaya membangun Bait Suci. Hal inidikarenakan untuk pembangunan kembali Bait Suci, umat Israel diizinkan kembali ke tanah air mereka oleh Tuhan melalui tangan raja Koresh. Pengalaman ini tidak pernah dilupakan oleh umat Israel. Justru pembangunan kembali Bait Suci menjadi motivasi yang mempersatukan mereka setelah mereka hidup dalam kecerai-beraian di tanah pembuangan Babel. Bacaan kita menunjukkan suatu sikap iman bahwa penyembahan kepada Tuhan harus dilakukan sekalipun Bait Suci Tuhan belum ada. Sikap iman dari umat Israel ilu harus menjadi perhatian kita bahwa yang terutama dalam sikap hidup kita adalah memuliakan Tuhan.

Pembangunan gedung gereja penting, tetapi jangan karena pembangunan gereja kita mengalami hambatan di negeri ini kemudian menghilangkan semangat bersekutu untuk menyembah Allah. Perhatikan sikap umat Israel yang sudah bebas dari perbudakan tanah pembuangan, semangat memuliakan Tuhan tetap menjadi prioritas penama dalam hidup iman mereka, sambil terus mengupayakan pembangunan Bait Suci TUHAN.

Selaku umat yang telah mengalami Karya tebusan Tuhan Yesus, kiranya yang menjadi utama dalam hidup kita adalah memuliakan Tuhan. Memuliakan Tuhan tidak harus terbatas pada pemberian persembahan, tetapi persembahan hidup kita dalam segala kebenaran harus nampak dalam perilaku di tengah hidup berjemaat dan juga bermasyarakat. Dengan demikian Tuhan kita dikenal dan dimuliakan.

GB. 84 : 2
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk tetap setia pada-Mu dalam segala keberadaan kami)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya