Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin 22 Februari 2021 – Renungan Pagi

MINGGU VI PRAPASKAH
♪KJ.340 : 1,2 – Berdoa

Filipi 1 : 12 – 17

Tantangan Sebagai Pembuka Jalan

Dalam permainan catur, seringkali kita harus mengorbankan bidak atau pion-pion untuk dimakan lawan. Maksudnya, agar dapat membuka jalan dalam meraih kemenangan. Bukan hanya pion yang dikorbankan, terkadang, dalam kondisi tertentu, bisa saja perwira (menteri, kuda dan benteng) atau bahkan ratu yang harus dikorbankan.

Dalam pembacaan saat ini kita dapat mengetahui upaya Rasul Paulus untuk meyakinkan, bahwa pemenjaraan yang dia alami tidak menjadi penghalang bagi pemberitaan Injil. Malahan hal itu menjadi sesuatu yang menyebabkan kemajuan dalam upaya pemberitaan Injil. Kata Yunani prokopen (kemajuan) seringkali digunakan untuk pembuka jalan ke medan yang sulit sebelum seluruh pasukan bisa maju menyerang. Dengan menggunakan kata ini, Paulus ingin menegaskan, bahwa dia adalah pembuka jalan untuk pemberitaan Injil. Karena itu Paulus menginginkan, agar Jemaat di Filipi tidak khawatir ataupun resah, melainkan menjadi semakin berani dan yakin untuk melanjutkan pekabaran Injil yang telah dimulai olehnya. Dengan kata lain, Paulus menginginkan Jemaat untuk melihat berbagai tantangan yang telah atau yang akan dialami, bukan sebagai penghalang yang menghentikan, tetapi peluang yang dapat membuka jalan dalam meraih tujuan.

Terkadang tantangan-tantangan yang dihadapi di masa lalu membuat kita merasa khawatir, resah atau bahkan enggan untuk terus melakukan yang terbaik di masa kini. Marilah kita terus maju untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan, rumah tangga dan pelayanan. Mari melihat, bahwa setiap masalah atau tantangan yang dihadapi adalah pembuka jalan bagi kita untuk meraih tujuan. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang mudah kita lakukan. Karena itu mintalah senantiasa kekuatan dari Tuhan, sehingga kita mampu melakukan yang terbaik.

♪KJ.340 : 3
Doa : (Ya Tuhan, mohon berikanlah hikmat dan kekuatan untuk kami melihat tantangan sebagai pembuka jalan dalam meraih tujuan)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya