Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin 8 Februari 2021 – Renungan Malam

MINGGU V SES. EPIFANI

GB. 40: 1, 2 – Berdoa

Lukas 10: 29 – 37

Siapakah Sesamaku Manusia?

Kondisi pandemik yang melanda dunia memungkinkan adanya peluang berbagai kejahatan mewarnai hidup bermasyarakat. Aksi-aksi yang bertujuan merampas barang seseorang maupun satu keluarga dapat berisiko mengancam nyawa seseorang. Apa yang harus dilakukan terhadap korban, bila yang bersangkutan adalah orang asing? Apakah kita hanya mau membantu seseorang karena dia adalah teman, saudara, atau orang yang dikenal? Siapakah yang dimaksud dengan sesama manusia, ketika ahli Taurat itu berbicara tentang hukum Tuhan dalam rangka memperoleh hidup yang kekal? Apa yang diajarkan Kristus melalui perumpamaan tentang seorang Samaria yang murah hati?

Istilah “sesama manusia” diterjemahkan dengan kata teman atau kawan atau saudara dalam arti luas, yakni mereka yang sebangsa, bahkan pula orang asing seperti kaum lemah secara sosial dan yang harus mendapatkan perlindungan secara sosial (Imamat 19 :18,34). Ahli Taurat sesungguhnya mengerti tentang siapa sebenarnya sesama manusia, tetapi pertanyaannya hanya untuk membenarkan diri sendiri. Kesempatan ini dipakai Yesus untuk memberikan pengajaran melalui perumpamaan seorang Samaria yang murah hati. Sebuah pengajaran yang menjelaskan tentang sesama manusia baik dalam hal menolong maupun ditolong. Mereka yang melewati korban begal atau rampasan penyamun sesungguhnya adalah kaum rohaniawan yang sehari-hari berada di Bait Tuhan dan memahami Hukum-Nya, namun tidak melaksanakan Firman-Nya secara nyata. Sementara orang Samaria adalah kelompok yang dipandang rendah oleh bangsa Yahudi, karena perkawinan campur. Namun demikian, mereka menunjukan kasih yang tulus dan murni melalui perilaku nyata. Kasih kepada sesama bukan sekadar kata-kata manis tanpa tindakan praktis. Kasih harus tanpa batas dan tidak membeda-bedakan orang. Sudahkah kita menjadi “sesama manusia” dalam mempraktekan kasih Kristus yang rela berkorban?

♪KJ. 434: 1,2
Doa: (Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk menjadi sesama manusia yang mewujudkan kasih dengan tulus)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya