KAMIS, 1 AGUSTUS 2019 – Renungan Pagi

32 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 August 2019        


 

MINGGU VII SESUDAH PENTAKOSTA

GB.226 : 1,3 – Berdoa

BIARKAN ORANG LAIN MEMUJI KITA

2 Korintus 10: 12-16

Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami. (ay.15)

Setiap orang memiliki alasan untuk bermegah terkait hasil kerja yang ia capai dalam hidupnya. Sebab apa yang ia hasilkan telah mampu membiayai hidupnya, keluarganya dan juga orang lain. Hidupnya telah menjadi bermakna dan berarti serta memperkaya kehidupan orang lain. Terkadang ada orang sangat bermegah, tetapi tidak atau belum menghasilkan sesuatu dalam hidup. Tidak ada pekerjaan yang menghasilkan bagi diri sendiri atau orang lain. Tetapi mereka ingin bermegah dan membanggakan diri dihadapan orang lain. Bahkan ada yang bermegah karena hasil karya orang lain; bukan hasil karya sendiri. Mereka suka memuji diri sendiri. Seolah-olah mereka lebih berhasil dari orang lain. Mereka menganggap diri telah menghasilkan banyak karya besar di tempat lain. Tetapi sesungguhnya mereka hanya bermimpi telah melakukannya.

Paulus menghadapi orang-orang yang suka bermegah dan memuji diri sendiri. Padahal mereka belum melakukan suatu kerja yang membuat mereka layak membanggakan diri dan menerima pujian. Paulus dan Titus tidak mau menggolongkan diri dengan mereka; tidak ingin dibandingkan dengan mereka. Paulus dan Titus juga tidak mau bermegah melampaui batas jemaat-jemaat yang telah ditetapkan Allah untuk mereka memberitakan Injil Kristus. Paulus dan Titus juga tidak mau bermegah atau memuji diri atas pekerjaan orang lain. Mereka hidup untuk memberitakan injil bagi jemaat-jemaat. Jika jemaat bertumbuh dalam iman maka jemaat akan menghormati dan memuji Paulus dan Titus: bukan mereka memuji diri sendiri.

Mari kita melakukan pekerjaan di hari ini sebagai bentuk dari pemberitaan Injil Kristus kepada semua orang. Bekerjalah dengan jujur, tulus dan benar maka orang lain yang melihat dan mengalami hasil kerja kita akan memuji dan memegahkan kita: bukan mulut kita sendiri.

GB.226:4
Doa: (Tuhan, jadikan kami pekerja jujur, tulus dan benar)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *