Kamis 15 Oktober 2020 – Renungan Malam

7 Kali dibaca, Diterbitkan: 16 October 2020        


MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

KJ. 413 : 1 – Berdoa

Hosea 11 : 10-11

Tuhan Memulihkan Umat-Nya


Setelah proses pendisiplinan Tuhan dilakukan lewat hukuman, maka “mereka akan mengikuti Tuhan, la akan mengaum seperti singa” (ay. 10a). “Sungguh, Tuhan akan mengaum”. Artinya, la akan menyatakan kehadiran-Nya yang menakutkan, sehingga anak-anak-Nya (umat Israel) akan datang dengan gemetar dari barat, seperti burung dengan gemetar datang dari Mesir dan seperti merpati dari tanah Asyur (ay. 10b-11a). Lalu Tuhan akan menempatkan kembali umat-Nya di rumah mereka (ay.11b). Dengan demikian, Tuhan selaku Bapa memperdulikan dan memulihkan umat Israel, anak-Nya, yang membandel itu.
 
Firman Tuhan tentang janji pemulihan umat Israel (Utara) ini belum jelas kapan digenapi. Sebab pada tahun 722 SM bangsa Israel (Utara) dihancurkan oleh Asyur. Sejak itu bangsa Israel (Utara) tidak pernah muncul lagi hingga sekarang. Hal ini berbeda dengan bangsa Yehuda yang dihancurkan oleh bangsa Babel dan sebagian penduduknya dibuang ke sana. Sebab 70 tahun kemudian mereka diijinkan kembali ke Yehuda atas perintah raja Koresh. Mungkin janji Tuhan ini merupakan bagian dari rencana-Nya untuk seluruh bangsa Israel yang akan disatukan oleh Tuhan-Nya kelak (lihat Am 9:14).
 
Marilah kita menyadari bahwa dunia ini hanya tempat yang sementara. Tujuan akhir kita adalah sorga abadi. Dunia ini ibarat “kawah Candradimuka”-nya umat Tuhan, tempat kita dibina, dibentuk, dan diperlengkapi. Di dunia ini kita banyak menderita. Kita sering dihukum karena berdosa dan mengalami ujian iman. Namun demikian di balik semua itu, marilah kita renungkan pesan Paulus. la berkata “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” (Rm 8:28). Tuhan itu kasih, karena itu tetaplah setia, berharap dalam sukacita.
 
 

KJ. 413 : 2, 3
Doa : (Tuhan Yesus, mohon pulihkan kami yang menderita karena berdosa) 

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *