KAMIS, 6 JUNI 2019 – Renungan Pagi

42 Kali dibaca, Diterbitkan: 6 June 2019        


 

MINGGU PEMULIAAN TUHAN YESUS

KJ 409:1,2 – Berdoa

KEBERAGAMAN BAGI KEMAJUAN BANGSA

Roma 12:1-8
Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. (ay.4).

Kesatuan sebagai satu bangsa memerlukan proses panjang dan perjuangan tak kenal lelah dari beragam kelompok yang ada di Nusantara. Sumpah Pemuda pada tahun 1928, menjadi pendorong utama bahwa kepelbagaian bukan halangan meraih kemerdekaan. Perbedaan di antara suku-suku bangsa perlu ditempatkan sebagai kekayaan yang mempersatukan untuk kemudian merebut kemerdekaan bangsa. Keragaman dengan segala perbedaanya, merupakan modal berharga memajukan semua lapisan masyarakat Indonesia.

Rasul Paulus mengingatkan jemaat sebagai satu tubuh Kristus dengan kepelbagaian anggota dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi yang beranekaragam itu tidak boleh direduksi apalagi diseragamkan. Tindakan semacam itu justru mengingkari hakekat persekutuan di dalam Yesus Kristus. Kepelbagaian fungsi menandakan keberagaman karunia yang dimiliki masing-masing anggota yang perlu dikembangkan secara terpadu. Sikap positif terhadap banyaknya karunia dalam jemaat, menyadarkan kita bahwa tiap-tiap anggota jemaat dapat berkontribusi dengan maksimal berperan membangun persekutuan dan mengembangkannya secara luar biasa.

Sebagai warga bangsa, kita menjadi bagian integral dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Warga gereja bertanggungjawab sama seperti tanggungjawab dalam jemaat, untuk berpartisipasi dalam memajukan kesejahteraan bersama. Mereka yang memiliki profesi sebagai olahragawan dapat membuktikan prestasi dengan meraih kemenangan sampai jenjang internasional. Para mahasiswa atau pelajar dapat memperlihatkan ketajaman berpikir dengan meraih medali olimpiade bidang sains. Para relawan yang dapat menyisihkan ilmu dan waktunya, telah memberi sumbangsih nyata ketika mereka mengajar anak-anak jalanan dan putus sekolah yang tinggal di tempat pembuangan sampah. Kita dapat melakukan hal yang sama jika kita bersyukur atas rahmat Tuhan yang menempatkan kita di negara Indonesia yang kaya ini.

KJ.409:3
Doa : (Utus kami menjadi warga gereja yang dapat menolong saudara kami dengan berkat yang sudah Tuhan berikan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *