Minggu, 18 Maret 2018 – Renungan Malam

89 Kali dibaca, Diterbitkan: 18 March 2018        


 

Minggu II Pra Paskah

Minggu, 18 Maret 2018
Renungan Malam

TANGAN PERKASA

Mazmur 66:5-7
“Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang-orang itu berjalan kaki menyeberangi sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia” (ayat 6)

Renungan pagi menghantar kita semua untuk melihat dan memperhatikan, adakah sepanjang hari ini kita mengalami “perbuatan” Tuhan yang ajaib? Apakah kita dapat mengakui bahwa “perbuatan” ajaib itu sebagai kekuatan Allah? Perbuatan mengubah laut menjadi tanah kering dan orang-orang berjalan kaki menyeberangi sungai itu (ay.6a). Inilah yang menjadi pokok pujian umat Israel. Peristiwa iman ini tidak pernah dapat dilupakan, karena seluruh keberadaan Israel menceritakan keperkasaan Tuhan ini. Peristiwa mengubah laut mejadi tanah kering yang dikerjakan “tangan perkasa Allah” melekat pada hidup orang Israel dan hal ini menjadi warisan yang harus diteruskan kepada anak cucu Israel di setiap generasi.

Karena Tuhan hadir di tengah ibadah dan hidup umat-Nya, maka apa yang dikerjakan-Nya dahulu, kini menjadi pokok suka-cita dengan kesadaran bahwa kinipun Tuhan hadir terus dan selamanya memerintah serta memimpin. Tuhan mengawasi dan membatasi perbuatan jahat orang-orang yang merancang kejahatan. Tangan perkasa Allah itu memerintah dan memimpin selamanya, sehingga mereka yang memberontak, menindas dan meniadakan kemerdekaan umat-Nya, dikalahkan-Nya.

Malam ini, mari mensyukuri “kehadiran Tangan Perkasa” itu, yang telah dan selalu membuat kita ada, sebagaimana kita ada. Kita terhindar dari laut-laut kehidupan membahayakan jiwa, yang dikeringkan-Nya, sehingga kita dapat berjalan lurus, melalui dan melewatinya dalam kekuatan tangan-Nya yang perkasa.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *