RABU, 27 FEBRUARI 2019 – Renungan Pagi

57 Kali dibaca, Diterbitkan: 27 February 2019        


 

MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

GB.258:1,2 – Berdoa

WALAU SULIT, TUHAN MELINDUNGI

Kisah Para Rasul 28:1-6
Tetapi Paulus mengibaskan ular itu ke dalam api, dan ia sama sekali tidak menderita sesuatu. (ay. 5)

“Dilindungi. dilindungi dari mara dinaungi. Dilindungi, dilindumgi di naungan Tuhanku”. Demikianlah kutipan syair lagu dari Gita Bakti 258 yang menekankan perlindungan Tuhan bagi umat-Nya dalam bahaya.

Allah melindungi Paulus dan seluruh penumpang kapal, sehingga mereka selamat dari badai dan terdampar di pulau Malta. Allah melanjutkan perlindungan-Nya selama mereka mengalami musim dingin di Malta. Perlindungan Allah terlihat dari sambutan penduduk Malta yang sangat ramah. Ketika Paulus digigit ular beludak, ia tidak mati. Ular beludak adalah ular berbisa yang dapat menggembungkan lehernya (tengkuknya) atau ular sendok atau ular tedung atau biasa juga disebut ular kobra/cobra. Gigitan ular ini bisa mengakibatkan kematian karena mengandung bisa/racun yang mematikan. Penduduk Malta yang tidak percaya kepada Tuhan, tetapi menyembah dewa dan dewi, awalnya mengaggap Paulus sebagai pembunuh terkutuk yang dihukum oleh dewi Keadilan (‘Thermis’ dalam mitologi Yunania atau ‘justitia/iustitia’ dalam mitologi Romawi), karena Paulus tidak mati, maka mereka menganggap Paulus sebagai dewa. Selamatnya Paulus dari gigitan ular merupakan keajaiban bagi penduduk Malta.

Saudaraku, tak habis-habisnya kesulitan dihadapi Paulus, namun perlindungan Tuhan selalu ada baginya. Mungkin juga tak habis-habisnya kesulitan hidup yang harus kita hadapi. Begitu banyak beban hidup yang harus kita pikul, namun sebagai orang Kristen, kita meyakini bisa melewati semuanya itu. Tentu bukan semata-mata karena kekuatan kita. Juga bukan karena kuasa dewa/dewi atau kekuatan lainnya. Kita percaya bahwa dalam kesulitan, Tuhan berkuasa melindungi kita. Tuhan selalu punya cara melalui apa saja dan siapapun untuk melindungi kita, juga sekaligus supaya kuasa-Nya dinyatakan. Kiranya menjalani hari ini dan seterusnya, keyakinan kita tidak berubah, “Sesulit apapun kehidupan ini, Tuhan pasti melindungi (Maz. 46:2)

GB 258:3,4
Doa : (Ya Allah, mampukan kami untuk mempercayakan diri kami ada kuasa perlindungan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *