RABU, 8 AGUSTUS 2018 – Renungan Malam

50 Kali dibaca, Diterbitkan: 8 August 2018        


 

RABU, 8 AGUSTUS 2018
Renungan Malam

KJ.450 : 3 – Berdoa

MASA DEPAN DAN HARAPAN HIDUP TIDAKAKAN LENYAP

Amsal 23;17-18
Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang (ay.18)

Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa hidup ini tidak akan lenyap dengan sia-sia. Bahwa hidup saat ini harus menabur akibat yang baik untuk masa depan. Karena itu perjumpaan hidup saat ini harus diteruskan dengan harapan hanya bahwa hidup masa depan akan lebih bahagia. Yang paling utama dalam hidup saat ini dan masa depan ialah takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan berarti tunduk pada perintah-perintah Tuhan, melakukan segala  sesuatu dengan berdasarkan takut pada Tuhan. Didiklah diri sendiri untuk mampu memilih jalan terbaik jika harus hidup diantara orang-orang berdosa menurut firman hari ini. Karena siapakah yang berdosa itu. Adalah juga sahabat, teman kita sendiri. Dan apakah selama hidup di dunia ini harus kita iri hati terhadap mereka? Karena bukankah firman Tuhan mengajak kita untuk tidak iri hati kepada mereka? Kemampuan untuk memilih yang baik dan tidak terletak pada kepentingan hati sendiri. Sebab kemampuan itulah yang akan menentukan sukses tidaknya hidup kita dimasa depan.

Sebagai orangtua kita harus mendidik anak-anak kita bahkan diri kita sendiri untuk menjadi orang-orang terbaik. Karena kita tidak akan mendidikan anak-anak untuk menjadi perusuh-perusuh dunia. Masa depan senantiasa terbuka dan memberi peluang baru untuk kita pakai. Jangan biarkan kesempatan-kesempatan baik itu hilang dengan percuma.

Relasi-relasi kita dengan orang-orang yang baik, orang-orang yang sedikit baik, orang-orang yang jahat, orang-orang yang sedikit jahat semuanya ini membentuk hasil kerja kita sendiri. Tetapi kita harus bersyukur bahwa Tuhan Allah tetap memperhatikan dan memperdulikan kita. Allah memanggil kita bukan saja untuk melakukan kebaikan-kebaikan pribadi, tetapi juga kebaikan-kebaikan secara umum. Dan hal itu yang kita sedang lakukan hari ini bahkan untuk masa depan. Kita dipercayakan oleh Allah untuk bekerja dengan bersaksi untuk dunia ini dan keyakinan kita lain yang sudah teruji selama akan bertahan untuk mengelola masa depan hidup kita.

KJ.450 : 4
Doa : (Terimakasih Tuhan tindakan-Mu terhadap hidup kami akan tetap memantapkan dalam diri kami nilai-nilai yang baru untuk masa depan kami)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *