Sabtu, 17 Maret 2018 – Renungan Malam

16 Kali dibaca, Diterbitkan: 17 March 2018        


 

Minggu III Pra Paskah

Sabtu, 17 Maret 2018
Renungan Malam

BERITA INJIL: PENGAMPUNAN ALLAH

1 Yohanes 1:8-10
“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (ayat 9)

Kehidupan ini adalah anugerah Tuhan. Manusia memilih menjalani kehidupan ini apakah di jalan-jalan yang lebar (hidup dalam kegelapan) atau di jalan-jalan yang sempit (hidup dalam terang). Pilihan hidup di jalan yang lebar itu tanpa kita sadari sering kita lakukan. Orang yanghidup dalam kegelapan atau tanpa Kristus biasanya adalah orang-orang yang tidak mau dan tidak mampu menyadari kesalahan atau telah berbuat dosa. Bahkan orang-orang yang hidup dalam kegelapan ini sering tidak bertanggung jawab dan menyalahkan orang atau pihak lain atas kesalahan yang telah ia lakukan. Yohanes mengatakan kejahatan dan dosa kita tidak dapat disembunyikan dari Allah (ay.8).

Ketidakmauan dan ketidakmampuan manusia untuk menyadari kesalahannya sendiri sama tuanya dengan umur bumi ini. Ketika Adam jauh dalam dosa ia menyalahkan Hawa yang membuatnya seperti itu. Sementara Hawa melemparkan kesalahannya kepada ular.

Yohanes mengatakan, menyadari dan mengakui kesalahan adalah perbuatan yang dikehendaki Allah, sebab Allah akan mengampuni orang-orang yang menyadari dan mengakui kesalahan dan dosa-dosanya (ay.9). Pengakuan yang jujur kepada Allah atas dosa yang kita lakukan sesungguhnya membawa kebahagiaan dalam hidup karena mendapatkan pengampunan dari Allah.

Kehidupan orang yang percaya kepada Yesus bercirikan kesadaran untuk berani mengakui kesalahan walau hal itu akan membawa kerugian dalam hidupnya. Akan tetapi kesadaran berani mengakui kesalahan adalah bukti atau buah dari Roh Kudus yang telah membimbing orang percaya hidup dalam Kristus.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *