Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 5 Desember 2020 – Renungan Pagi

MINGGU ADVEN I

KJ. 388 : 1, 2 – Berdoa

Matius 10 : 5 – 8

Pemimpin Untuk Semua Bangsa

Teks ini hendaknya tidak dibaca dalam semangat fanatisme sempit, seolah Yesus hanya mematok pelayanan pada umat atau bangsa khusus. Gelora fanatisme atau perilaku menolak keberadaan orang lain, komunitas maupun kepercayaan yang berbeda, adalah sikap berbahaya bagi prinsip keutuhan ciptaan-Nya. Pernyataan Yesus perlu dipahami dari dimulainya sebuah gerakan misi penyelamatan dengan menetapkan titik sentral atau dimulainya pelayanan.

Teks ini perlu dibaca dalam kesadaran, bahwa Bangsa Israel adalah orang-orang yang perlu diselamatkan. Mereka berada dalam pusat penyembahan Allah. Karena itu, para murid (rasul), ditetapkan memulai pekerjaan menuai panenan yang berada di sekitar kehidupan para murid. Benarkah teks tersebut perlu dibaca, dipahami dalam terang penjelasan di atas? Ya, sangat jelas. Sebab, kalau kita membaca teks di akhir injil Matius (Psl 28), Yesus memandang penting memberikan tugas yang diperluas, yakni memuridkan semua bangsa. Jadi teks ini hendak mengajar kepada kita, bahwa medan pelayanan itu bersifat “terpusat dan menyebar”.

Allah, melalui Yesus Kristus dan Roh Kudus telah menyatakan sebuah misi pelayanan yang memungkinkan kita menjangkau yang terdekat dan terjauh, sehingga kemurahan Allah berlaku bagi semua kehidupan. Tugas kita adalah melaksanakannya, bukan mempertanyakan tentang hak-hak mereka yang belum mengenal Allah di dalam Yesus Kristus. Setidaknya, besarnya kasih-Nya merupakan penjelasan terbaik dalam memahami kasih-Nya bagi semuamanusia.

Apa yang ada pada kita sebagai hasil pemberian-Nya adalah semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyatakan kasih-Nya. Mereka adalah sesama yang sedang menunggu kehadiran seseorang yang diutus-Nya. Saudara dan saya adalah salah satu yang sedang ditunggu oleh sesama kita. Allah senantiasa menyiapkan seseorang yang membutuhkan pelayanan kita.

KJ. 388 : 3
Doa : (Terimakasih untuk semua yang Engkau berikan dengan cuma-cuma. Tolong ajarilah kami untuk meneruskan bagi mereka yang membutuhkan pelayanan secara cuma-cuma juga)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya