SABTU, 5 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

99 Kali dibaca, Diterbitkan: 5 January 2019        


 

TAHUN BARU

GB 298:1,2 – Berdoa

BUKAN HANYA UNTUK DIRI SENDIRI

1 Timotius 2:1-4
…Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang… (ay.1)

Panitia pembangunan gedung gereja wilayah Pelkes GPiB biasanya mencetak banyak proposal pembangunan untuk disebar ke berbagai tempat. Selain menyasar Jemaat GPIB yang dianggap besar di perkotaan, permohonan bantuan itu ditujukan juga kepada pemerintah, perusahaan dan donatur. Tidak semua permohonan itu direspons. Banyak yang tanpa berita atau balasan. Banyak juga yang merespons dengan bantuan yang hanya sedikit lebih besar dari ongkos pencetakan dan pengiriman proposal. Namun dengan kebaikan dan penyertaan Tuhan, ada beberapa lembaga atau individu yang merespons dengan bantuan lebih dan perkiraan panitia tersebut.

Selaras dengan hal pengiriman proposal itu, tidak ada ruginya jika kita terus mengangkat permohonan, doa dan ucapan syukur kepada Tuhan untuk semua orang, termasuk untuk pemerintah. Seperti nasinat Rasul Paulus kepada Timotius dan para pengikut Kristus agar mereka memiliki kebiasaan demikian (ay.1 ,2). Allah menghendakinya agar semakin banyak jiwa yang diselamatkan serta memperoleh pengetahuan akan kebenaran (ay.3,4).

Bayangkan jika masyarakat dan pemerintah hidup dalam pengetahuan akan kebenaran itu, serta mempraktekkan kehormatan dan kesalehan, tentu hidup kita akan tenang dan tenteram. Di balik itu juga, pastinya tidak semua permohonan kita akan dikabulkan oleh Tuhan. Yang Maha tahu merespons sesuai kebutuhan kita, bukan sekadar apa yang kita inginkan. Ia bahkan memberikan sesuatu yang melampaui keinginan kita itu.

Menghayati firman Tuhan di pagi hari ini, naikkanlah permehonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, bukan hanya untuk diri sendiri. Doa-doa untuk kesejahteraan dan ketenteraman bersama. Jika itu dilakukan sesering mungkin, maka sepanjang hari kita akan meiihat kebenaran dan merasakan hal-hal yang melampaui harapan.

GB. 293:4
Doa : (Ya, Tuhan, buatlah kami selalu tekun mengangkat doa, syukur dan permohonan kepada-Mu. Bagi kehidupan pemerintah dan orang-orang di sekitar kami, Tuhan, tolong berkati dan terangi mereka melalui kuasa Roh Kudus-Mu, agar kami semua hidup tenteram, damai dan sejahtera dalam kasih-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *