Selasa, 2 Januari 2018 – Renungan Malam

107 Kali dibaca, Diterbitkan: 1 January 2018        


 

SELASA, 2 JANUARI 2018

Renungan Malam

HEWAN-HEWAN ADALAH ANUGERAH ALLAH

Kejadian 1:24-25
“Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata…” (ay.24)

Setelah ikan dan burung, Allah menciptakan berbagai spesies binatang (ternak, binatang melata dan segala jenis binatang liar), masing-masing menurut jenisnya. Semakin nyatalah keagungan Allah yang menciptakan segala sesuatu untuk kesejahteraan manusia. Allah menciptakan binatang-binatang itu sebelum menjadikan manusia.

Beberapa binatang yang diciptakan Allah, berguna membantu pekerjaan manusia. Kuda, gajah, kerbau dan anjing membantu manusia dalam pekerjaan di sawah, di ladang atau di pasar. Bahkan ada yang membantu bagi mereka yang berkebutuhan khusus, seperti para tuna netra atau orang yang lanjut usia. Anjing secara khusus dapat dilatih untuk membantu menyingkapkan kejahatan. Tingkah laku mereka mengurangi stress, stroke, meringankan autis, serta membawa sukacita. Binatang-binatang yang diciptakan itu dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia sepanjang manusia dapat berinteraksi dengan baik dengan penuh kasih dan perhatian.

Terhadap mereka, Allah menegaskan agar manusia mengasihi, memelihara dan merawat binatang-binatang itu dengan baik (Amsal 12:10). Melalui keberadaan mereka maka manusia belajar mengagungkan karya Allah yang besar dan memuji kasih Allah yang nyata untuk manusia. Kelestarian dan kelangsungan hidup binatang-binatang itu adalah tanggung jawab kita. Kita perlu mengingatkan siapapun untuk tidak memperlakukan binatang dengan cara sadis dan mengekspoitasi mereka untuk demi mendapatkan keuntungan finansial. Semua yang diciptakan Allah adalah karya Tuhan yang baik dan indah untuk kebahagiaan manusia dan memuliakan nama-Nya.


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *