Senin, 10 DESEMBER 2018 – Renungan Malam

126 Kali dibaca, Diterbitkan: 10 December 2018        


 

MINGGU ADVEN II

KJ 276:1,2 -Berdoa

MOTIVASI KESALEHAN YANG SALAH

Markus 10:21-27
….”Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi hukan demikian bagi Allah…” (ay.27)

Tuhan Yesus menghadapi dengan penuh kasih orang muda yang berpikir bahwa ia telah memenuhi tolok ukur kesalehan umum. Pasti beda dengan kita bukan, tatkala kita berhadapan dengan orang yang demikian. Dalam kasih-Nya Tuhan Yesus mendobrak kebanggaannya clengan menantang motivasi kesalehan orang muda itu. Tuhan memmuskan terlebih dahulu dalil umum tentang posisi orang muda itu. Dalil itu juga beriaku bagi kita semua. Tuhan berkata : “A|angkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah”. Sebeium Tuhan Yesus merumuskan tantangan-Nya kepada orang muda itu, Tuhan sudah membuat kesimpulan yang tak dapat dibantah oleh siapa pun.

Sernua orang menginginkan kehidupan kekal sebagai imbalan alas kesalehannya di dunia. Dalam versi Parisi tentu disediakan banyak jalan pemaafannya. Tuhan berkata langsung menembus inti pertahanan kesalehan orang muda itu. Kata-Nya, hanya satu kekuranganmu, pergilah, juallah apa yang kau miliki, dan berikanlah kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga, kemudian datanglah kemari, ikutlah Aku”. lnflah hafangan utama bagi orang muda itu, ia sangat mencintai hartanya. Ia ingin masuk surga Iengkap dengan kebanggaan mate-ri yang ia miliki. Suatu kebanggaan dan prestasi yang fengkap yang memperoleh pengakuan umum atasnya.

Mari cepat menelaah diri kita. Uang hanya mewakili semua kebanggaan yang masih kita miliki dan yang sedang kita pamerkan di ruang-ruang kehidupan berjemaat dan kehidupan umum d mana kita berada. Ya di Gereja, ya di Masyarakat. Di situiah Pameran Kesalehan Pribadi dalam banyaknya pencapaian yang kita raih terfukis dengan megahnya. Mari kita temukan sendiri kebanggaan-kebanggaan pencapaian kita rnasfng-masing. Uang, dan harta, nama baik, kehormatan ilmiah, kehorrnatan umum, semua panca-
paian terkemuka, catatlah semua itu. buatlah daftarnya laiu perlihatkan kepada Tuhan Yesus. Beranikah kita menghapusnya?

GB.276 ; 3
Doa : (Jangan biarkan kami menganggap cliri paling benar dan baik, bentuklah kami meninggalkan manusia lama kami dan tidak menjadi sama dengan dunia)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *