SENIN, 12 AGUSTUS 2019 – Renungan Pagi

20 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 August 2019        


 

MINGGU IX SESUDAH PENTAKOSTA

GB.50 : 1 – Berdoa

HIDUP MENURUT KEINGINAN ROH

Galatia 5:16-21
“Maksudku ialah : hiduplah oleh Roh maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging” (ay.16).

Ada dua keinginan yang saling berjuang dalam diri manusia, yaitu keinginan daging manusia sendiri dan keinginan Roh. Kedua keinginan tersebut bertentangan satu dan lainnya. Kecenderungan manusia adalah mengikuti keinginan daging daripada mengikuti keinginan Roh atau kehendak Tuhan. Seperti Injil Matius katakan : “…roh memang penurut, tetapi daging lemah” (Mat 26:41). Sebagai manusia sering kita anggap biasa. Akibatnya, kita selalu dikuasai dan oleh keinginan daging yang melahirkan berbagai pertikaian dan kejahatan.

Paulus mengingatkan bahwa hidup menurut keinginan daging jangan dianggap sepele dan biasa (tidak apa-apa). Oleh karena itu, penting untuk menentukan pilihan. Apakah kita mau hidup menurut keinginan daging atau keinginan Roh. Sehingga kehidupan kita akan tetap fokus dan tidak diombang-ambing.

Apa yang diutarakan Paulus menggambarkan bahwa hidup menuruti keinginan daging menjadi trendi di tengah masyarakat pada umumnya. Banyak faktor yang menyebabkannya. Namun sebagai anak-anak Tuhan yang telah mengalami pengampunan dosa, kita mesti menentukan sikap hidup yang harus dijalani. Kehidupan anak-anak Tuhan jangan lagi mengikuti keinginan daging. Tuntutan kedagingan dalam diri sangat menggebu-gebu sehingga akan menjerumuskan kita kembali dalam dosa. Paulus katakan “hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” Keinginan daging, seperti percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, kemabukan dan pesta pora, menghilangkan hak kita untuk mendapat bagian dalam kerajaan Allah. Jadi tolak hal itu Mari memulai hari ini dengan berkomitmen untuk menyerahkan hidup dan semua karya kita dipimpin oleh Roh. Melakukan keinginan Roh. Maka keinginan daging akan hilang. Sehingga bagian kita dalam kerajaan Allah tetap ada; tidak hilang.

GB.50 : 2
Doa : (Tuhan Yesus teruslah baharui hidup kami seturut kehendak-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *