Senin 12 Oktober 2020 – Renungan Pagi

7 Kali dibaca, Diterbitkan: 12 October 2020        


MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

Hosea 8 : 1 – 6

Bahaya Yang Tidak Disadari

Tuhan berseru agar umat meniup sangkakala (ay. 1-3). Mereka diperintahkan untuk berperang, sebab akan datang serangan laksana rajawali dari bangsa Asyur. Mereka akan menyerang rumah Tuhan di Betel, yang merupakan pusat ibadah Israel Utara. Semua itu terjadi karena bangsa Israel melanggar janjinya kepada Tuhan dan tidak melakukan kehendak-Nya. Bangsa itu mengaku mengenal Tuhan, namun mereka menolak yang baik.

Tuhan mengungkapkan ada 2 (dua) penyebab kehancuran bangsa Israel (ay 4-6), sehingga mereka dihukum: 1) memilihraja dan pemuka, tanpa persetujuan-Nya; dan 2) membuat patung berhala-berhala untuk disembah. Pernyataan Tuhan ini menunjukkan, bahwa bangsa Israel menentukan sendiri raja, pemimpin, dan Allah mereka. Israel merasa bebas untuk menentukan hidup mereka sendiri. Mereka mengangkat raja yang bukan dari keturunan Daud. Seharusnya mereka beribadah kepada Tuhan dan taat pada firman-Nya, khususnya perintah “jangan membuat patung bagimu untuk disembah”. Oleh karena itu mereka dihukum.

Bangsa Israel dihukum karena mereka memilih raja dan pemuka tanpa persetujuan Tuhan. Ini perlu dicermati menjelang PS GPIB Oktober 2020 yang salah satu acara pokoknya adalah pemilihan MS dan BPPG. Sebaiknya kita memilih yang dipilih oleh Tuhan. Bagaimana caranya? Di dalam pemilihan itu harus ada 2 (dua) hal yang dipenuhi, yaitu: 1) kualitas calon: “yang terkenal baik, penuh roh dan hikmat” (Kis 6:3); serta 2) ada peran Tuhan maupun pemilih. Hal ini dapat dilakukan sebagai berikut: tahap pertama, pemilihan nominasi di mana ada dua kandidat yang mendapat suara terbanyak ditetapkan sebagai calon tetap, lalu tahap kedua ialah diundi. Undian itu alkitabiah yang hasilnya diyakini sebagai penunjukan oleh Tuhan sendiri. Dalam proses undian itu tidak ada gunanya berkampanye dan tawar-menawar kepentingan, semua tenang berdoa, menanti pilihan Tuhan. Amin?


KJ.30a : 2
Doa : (Tuhan Yesus, tolong tuntun gereja-Mu memilih pimpinan yang terbaik bagi-Mu)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *