SENIN, 13 AGUSTUS 2018 – Renungan Malam

45 Kali dibaca, Diterbitkan: 13 August 2018        


 

SENIN, 13 AGUSTUS 2018
Renungan Malam

KJ.54 : 1,2 – Berdoa

CINTA UANG

1 Timotius 6 :6-10
Karena akar segala kejahatan adalah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka (ay.10)

Setiap orang membutuhkan uang. Berbagai aktivitas dalam hidup dan kebutuhan yang menyertai selalu berhubungan dengan uang. Tidak heran jika kemudian setiap orang mengupayakan apapun untuk memperoleh keuntungan yang menghasilkan uang.

Paulus mengingatkan Timotius tentang kecenderungan beberapa orang yang mencari keuntungan melalui berbagai cara, termasuk dalam persekutuan orang percaya. Beberapa orang tidak tulus beribadah dan mencari keuntungan di tengah persekutuan ibadah (ay.6-9). Persoalan utama menurut Paulus bukan soal uang atau pun mencari kekayaan, namun tentang ukuran kecukupan (ay.6). Jika selalu merasa tidak cukup dan merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki, akhirnya berbagai cara ditempuh untuk mengejar kepuasan hawa nafsu terhadap kekayaan itu. Tanpa disadari mereka menggali lubang sendiri untuk jatuh dakam lobang kebinasaan (ay.9).

Sumber jaminan kehidupan kita memang terkesan datangnya dari pemenuhan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, uang adalah jawabannya. Itulah sebabnya tanpa sadar, uang menjadi segala ukuran dalam kehidupan ini. Tidak heran jika kemudian banyak orang menghalalkan segala cara untuk memperoleh uang, termasuk ditengah persekutuan ibadah sekalipun. Ibadah bukan lagi bentuk ekspresi terhadap kekaguman kepada Allah dan wujud cinta kasih pada-Nya. Inilah yang terjadi di tengah jemaat Tuhan tempat Timotius melayani Tuhan. Peringatan Paulus kepada Timotius ini adalah juga peringatan kepada kita. Cinta uang adalah akar dari segala kejahatan (ay.10). Benar bahwa uang menjawab kebutuhan, tetapi tidak berarti uang adalah segala-galanya.

Jangan cintai uang, walau uang menjawab kebutuhan hidup. Tapi cintailah Tuhan Sang Pemberi hidup ini. Jadikan Tuhan yang utama dalam hidup persekutuan, kegiatan kerja, aktivitas bisnis dan bahkan rencana masa depan. Uang adalah salah satu alat yang Tuhan pakai untuk memelihara hidup kita. Bukan “alat-Nya” itu yang harus kita cintai, tetapi cintailah Tuhan yang adalah sumber dari segala sesuatu.

KJ.54:4
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kamu melakukan selalu Firman-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *