Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin, 4 FEBRUARI 2019 – Renungan Pagi

 

MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

GB.244 – Berdoa

SETIALAH

Hakim-Hakim 10:1-9
Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, dan Ia menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin dan bani Amon. (ay.7)

Tuhan sangat setia dan mengasihi bangsa Israel, namun bangsa Israel menunjukkan sikap yang tidak setia kepada Tuhan. Hakim-Hakim 10:6, sikap orang Israel jelas melakukan yang jahat di mata TUHAN dengan beribadah kepada para Baal. Mereka meninggalkan TUHAN dan tidak beribadah kepada Tuhan. Sesungguhnya sikap bangsa Israel merupakan gambaran manusia pada umumnya yang sudah menikmati kasih setia dan berkat Tuhan yang berlimpah tetapi sering meninggalkan Tuhan.

Mengapa manusia meninggalkan Tuhan? Manusia ingin mewujudkan keinginannya dengan segera, sehingga seringkali tidak ingin mengikuti proses. Manusia tidak sabar menanti waktu yang lama. Manusia berjuang dan bekerja dengan keras sehingga melupakan Tuhan: lupa berdoa, lupa beribadah bahkan lupa bersyukur. Apa akibat yang akan diterima karena meninggalkan Tuhan?

Bangsa Israel meninggalkan Tuhan, maka TUHAN murka sehingga menyerahkan mereka ke tangan orang Filistin dan bani Amon. Pada zaman sekarang jika meninggalkan Tuhan. maka terdapat akibat yang harus ditanggung. Sesuatu yang instan tidak mengikuti proses yang sebenarnya menyebabkan jiwa yang tidak tangguh, sehingga mudah menyerah pada saat menghadapi tantangan. Bekerja keras sehingga lupa berdoa dan lupa beribadah menyebabkan jiwa menjadi kosong sehingga tidak kuat menghadapi godaan, iman menjadi kering dan garing sehingga gampang putus asa dan tidak memiliki pengharapan. Akibatnya. stress dan bisa stroke (sakit) dan akhirnya stop (meninggal).

Meninggalkan Tuhan menyebabkan akibat yang harus diitang cukup berat, baik materi maupun psikis. Oleh karena iiu marilah kita belajar setia kepada Tuhan, bersedia untuk mengikuti proses hidup yang sukar, semangat dalam bekerja dan berjuang sabar menanti jawaban atas doa dan pengharapan. Selamat memulai hari yang baru.

Doa : (Tuhan, mampukan kami menjaga hati dan menjunjung komitmen iman untuk tidak meninggalkan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya