Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 12 Februari 2021 – Renungan Malam

MINGGU V SES. EPIFANI
♪KJ.4 : 1,2 – Berdoa

Lukas 11 : 33-36

Terang Sebagai Yang Diberikan Allah

Ketika matahari mulai bersinar, semua mata memandang dengan penuh syukur, bahwa Sang Terang hidup mengizinkan kembali adanya hari baru, dan kita dituntun oleh-Nya untuk memaknai waktu kita di sepanjang hari ini. Ada harapan, agar setiap langkah dipandu Tuhan, sehingga baik suka maupun derita, hidup tetap dijalani dengan sikap iman. Firman Tuhan yang adalah pelita dan terang bagi hidup orang beriman merupakan pegangan yang kokoh, sehingga apapun tantangannya, orang beriman tetap terus memancarkan sinar kemuliaan Tuhan. Apakah Yesus sebagai Terang dunia yang menerangi kehidupan dunia yang sarat dosa telah dilihat sebagai “tanda ” yang diberikan Allah seperti sebuah pelita yang diletakan di atas kaki dian untuk menerangi dunia yang penuh dengan kegelapan?

Teks bacaan Lukas 11 : 33-36 merupakan pengajaran dengan menggunakan perumpamaan tentang seorang yang menyalakan pelita. Mata diumpamakan sebagai pelita. Mata adalah indra penglihat. Indra ini memberi persepsi terhadap segala sesuatu yang dilihat, lalu berbuah dalam tindakan. Bila persepsi adalah pola kerja pikiran yang muncul saat seseorang melihat, Ialu memutuskan untuk bertindak, maka mata sangat mempunyai peranan yang menentukan sikap seseorang. Mata dianugerahkan Allah untuk memancarkan cahaya kasih-Nya, sehingga mengalahkan kegelapan. Cahaya kasih itu merupakan Terang Kristus berupa Firman-Nya. Terang itu jangan disimpan, melainkan letakkanlah pada posisi yang tepat, supaya hal-hal baik menjadi nyata melalui perbuatan kita yang didasarkan pada kebenaran. Pelita itu harus menerangi semua orang dengan cahayanya, sehingga mengalahkan kuasa kegelapan yang menjerumuskan ke dalam dosa. Mari berjalan dalam terang Kristus, agar perbuatan hidup sebagai anak-anak terang menjadi nyata, karena sikap menjadi penurut-penurutNya menyertai perbuatan kita.

♪GB.251 : 1,2
Doa : (Ya Kristus terang hidup, jadikan mata hati kami terang agar hidup kami memuliakan nama-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya