Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat, 16 Februari 2018 – Renungan Pagi

 

Minggu VI Sesudah Epifania

Jumat, 16 Februari 2018
Renungan Pagi

KETAKUTAN? SIAPA TAKUT?

Keluaran 14:15-25
“Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat” (ayat 15b)

Dalam Perjanjian Lama, laut termasuk sesuatu yang ditakuti oleh orang Yahudi. Ada beberapa penafsir yang menduga bahwa hal ini dipengaruhi oleh kepercayaan Semit kuno yang memandang bahwa laut memiliki kekuatan besar. Ada makhluk besar atau monster yang menguasai laut. Bisa jadi bangsa Israel merasa asing, bahkan takut dengan laut. Beda dengan orang Indonesia yang konon nenek moyangnya pelaut sehingga merasa akrab dengan laut.

Teks yang kita baca saat ini mau mengemukakan bahwa Tuhan adalah Pencipta lautan. Tidak hanya menciptakan, Ia bahkan sanggup mengaturnya. Dengan kuasa-Nya, Ia memakai angin timur yang bertiup sehingga lautan terbelah (ayat 21). Sekalipun ada banyak pendapat mengenai peristiwa ini, namun pesan yang mau disampaikan, yaitu sumber ketakutan yang besar ternyata dapat diubah Tuhan menjadi sumber pertolongan yang luar biasa. Lautan yang seram dan mencekam justru dipakai Tuhan untuk menyelamatkan bangsa Israel dari kejaran orang-orang Mesir. Tentu ada perubahan cara pandang dari umat Israel setelah menyeberangi lautan dan “bersahabat” dengan kedalamannya yang mencekam. Ketika Tuhan menyingkapkannya, ketakutan itu sirna dan berganti dengan keberanian.

Seringkali, ketakutan kita seolah-olah melumpuhkan kehidupan. Tidak ada lagi keberanian dan pengharapan karena ketakutan kita akan sesuatu atau seseorang menghilangkan sukacita dalam hidup yang dikaruniakan Tuhan. Melalui perikop Firman Tuhan saat ini kita diingatkan bahwa apapun atau siapapun yang menakutkan kita saat ini tidaklah mengalahkan kuasa Tuhan. Ia bahkan dapat membuat apa yang kita takuti itu menjadi jalan agar kita mengakui kekuasaan-Nya. Oleh karena itu, cobalah lihat daftar ketakutan kita di pagi ini. Apa atau siapa yang kita takuti saat ini? Janganlah terlalu kuatir… Ingat, Tuhan pasti akan menolong kita untuk menghadapinya.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya