Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 19 Februari 2021 – Renungan Malam

SESUDAH RABU ABU
♪KJ. 26 : 1,2 – Berdoa

1 Yohanes 5 : 16

Dosa Dan Doa

Dalam sebuah komunitas seperti jemaat lokal, lazimnya perhatian terfokus pada pertemanan dalam lingkungan kelompok seperti kelompok kategorial (umur), fungsional (ketenagaan) dan profesional (para ahli). Dengan demikian biasa yang menonjol keluar adalah sifat-sifat konvensional dan patriarkat. Hasilnya berkembang makin terasa perbedaan dan kesenjangan antar generasi, kebiasaan dan kesenjangan yang makin terasa. Seringkali yang muncul terhadap perorangan, unit keluarga maupun kepada kelompok kategori, fungsional dan professional serta saling terhubung.

Untuk suatu jemaat yang jumlah anggotanya banyak, tentu perlu koordinasi dan penataan yang baik, agar keluarga dan perorangan yang ikut dalam pertumbuhan kelompok ini mampu melayani dan dilayani berimbang tanpa ada yang dikorbankan. Namun pengaturan jemaat besar maupun kecil tergantung daripada organisasi dan kelembagaan. Sementara itu komunitas yang bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya insani, justru akhir-akhir ini nampak memperkuat identitas kelompok yang birokrasi diatas unit-unit kecil yang lebih cepat sifat pencairannya dalam bertindak. Tentu saja disini dibutuhkan kecepatan bertindak pendukung sifat kekeluargaan, saling menghormati dan menghargai sebagaimana nampak dalam jemaat perdana yang kental dengan sifat saling hormat-menghormati dalam ibadah.

Yohanes mengutamakan pembenahan moral dan dalam kekeluargaan daripada masalah organisasi, apalagi yang bersifat birokratis. Maka pesan yang diteruskan kepada umatnya adalah: penting menghindari dosa. Agar kepada umat yang mulai tergoda berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut, yaitu dosa yang tidak disadari secara cepat mengalami perubahan kearah perbaikannya.

♪KJ. 26 : 3
Doa : (Kami mohon Tuhan menolong kami. Tunjukkan jalan-jalan-Mu yang mengantar kami melihat jalan-jalan-Mu yang patut kami jalani)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya