Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat, 19 Januari 2018 – Renungan Pagi

 

Minggu II Sesudah Epifania

Jumat, 19 Januari 2018
Renungan Pagi

HIDUP KARENA PERCAYA

Yohanes 8:30-32
“Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap di dalam firman-Ku kamu benar-benar adalah murid-Ku…” (ay.31).

Perikop dimulai dengan kalimat: Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepadaNya (ayat 30). Apa yang dikatakan Yesus sehingga yang mendengar menjadi percaya? Pada ayat-ayat sebelumnya, Yesus mengatakan, “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (Yoh. 8:12). Yesus pun mengatakan, “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.” (Yoh. 8:21). Yesus adalah terang dunia dan Dia berasal dari Bapa . Inilah yang dikatakan Yesus, banyak orang mendengar dan menjadi percaya. Yesus menjamin keselamatan dan kehidupan kekal kepada orang yang percaya kepada-Nya.

Menjadi percaya kepada Tuhan berhubungan dengan kehidupan yang sedang berlangsung dan kehidupan selanjutnya. Persoalannya tidak berhenti hanya menjadi percaya. Tetapi menjadi percaya berarti mengenal Dia dan mengikuti Dia yang kita percayai dengan ketaatan sesuai dengan apa yang menjadi maksud Tuhan bagi kehidupan setiap orang percaya. Apa yang harus dilakukan oleh orang percaya kemudian? Yesus katakan, “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengenal keberanan, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (ayat 31-32). Untuk mempertahankan iman maka setiap orang percaya harus tetap di dalam firman Tuhan. Dan tindakan tetap di dalam firman Tuhan bukan tindakan diam atau pasif tetapi tindakan aktif. Jika diam di dalam Firman Tuhan berarti pula melakukan apa yang Ia katakan. Dengan demikian iman akan bertumbuh. Kehidupan orang percaya akan terus mengalami pertumbuhan dan semakin mengenal siapa Yesus. Mengenal Yesus berarti mengenal kebenaran Allah dan hidup di dalam-Nya. dengan mengetahui kebenaran Allah maka orang percaya akan mengetahui pula bahwa mereka sudah dimerdekakan dari perhambaan dosa. Orang percaya yang sudah dimerdekakan tidak akan lagi hidup sebagai hamba dosa tetapi ia akan hidup sebagi orang merdeka yang mengabdi kepada Allah, artinya melakukan apa yang menjadi kehendak Allah.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya