Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 26 OKTOBER 2018 – Renungan Malam

 

KJ.393 : 1,2 – Berdoa

PERSEMBAHAN YANG MENYENANGKAN HATI TUHAN

Maleakhi 3 : 4 – 5
“Maka persembahan Yehuda dan Yerusalem akan menyenangkan hati TUHAN seperti pada hari-hari dahulu kala dan seperti tahun-tahun yang sudah-sudah.” (ay.4)

Apakah yang kita persiapkan ketika kita mau beribadah? Pasti sebagian besar akan mengatakan “persiapkan hati”. Jawaban itu baik dan benar. Pertanyaan berikutnya, apa lagi yang kita persiapkan? Mungkin sebagian akan mengatakan “Ah, yang penting hatinya”. Untuk jawaban ini kita perlu untuk mencermatinya. Bukankah jika hati kita sungguh-sungguh mau beribadah dan siap beribadah, maka segala sesuatu yang terkait dengan ibadah yang akan dilakukan akan dipersiapkan dengan baik sebagai cerminan hati kita yang siap? Ya, hati yang siap beribadah berarti keutuhan diri dan hidup kita juga siap beribadah.

Pada masa Maleakhi, banyak umat yang dengan tegas mengatakan “kami beribadah kepada TUHAN, dengan hati kami yang siap”. Tetapi pada prakteknya, ibadah yang dilakukan hanya sekadar rutinitas ritual saja. Nyanyian dan doa dilantunkan dengan baik dan merdu serta syahdu, tetapi hal itu hanya dilakukan sebatas ruang dan waktu ibadah. Selepas itu, perilaku mereka sama sekali bertolak belakang, mereka tidak ragu melakukan ketidakadilan kepada sesama, mereka berkubang dalam lumpur perzinahan, mereka menjerumuskan diri dalam lembah kejahatan. Mereka beribadah dan tidak menyenangkan hati TUHAN.

Sebelum kita masuk dalam peraduan, kita merendah di hadapan TUHAN, memohon ampun untuk segala perilaku ibadah kita yang tidak menyenangkan hati-Nya. Dan kita panjatkan juga permohonan kepada TUHAN agar ibadah dan kesaksian hidup kita menjadi persembahan yang menyenangkan hati TUHAN.

KJ.393 ; 3
Doa : (Ya TUHAN, terima kasih untuk segala berkat-Mu, ajar kami untuk bersyukur dengan persembahan yang menyenangkan hati-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya