Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 30 Oktober 2020 – Renungan Malam

MINGGU XXI SES. PENTAKOSTA

KJ. 362 : 1, 2 – Berdoa

2 Yohanes 1 : 4-11

Tetap Di Rumah

Firman yang kita baca pada malam hari ini membahas tentang tinggal di rumah saja. ‘Rumah’ yang dimaksud adalah ajaran Tuhan Yesus Kristus. Rumah itu ada dalam ruang batin kita. Sering orang berkata, “Jadilah diri sendiri”. Karena untuk dapat memancarkan cahaya hidup yang terang benderang, tiada Iain kita harus menjadi diri sendiri. Cahaya itu adalah kasih dan kebenaran TUHAN dalam diri kita. Kita tidak mungkin dapat bersinar, jika yang ada dalam diri adalah kesuraman belaka.

Banyak yang menginginkan hidup sebagai orang lain yang menurutnya lebih baik dalam segala hal, sebab merasa bahwa kehidupan dan diri mereka sendiri menyedihkan. Tuhan menjadikan kita untuk suatu tujuan. Kita harus menemukan itu dan menjadi diri sendiri seperti yang direncanakan Tuhan. Penuhilah ruang batin kita dengan kasih dan kebenaran-Nya. Berhentilah menolak dan membenci diri sendiri, seolah-olah kalau menjadi orang lain hidup kita akan lebih bernilai, indah juga bahagia.

Tiga hal ini : nilai, makna, dan bahagia kita bukan berada di luar sana, tetapi ada dalam Tuhan Yesus Kristus. Tinggallah dan berakar kuat serta bertumbuhlah dalam Dia. Di dalam Kristus kita menemukan ketiganya. Di dalam Kristus kita akan merasa nyaman, mencintai dan menghargai diri sendiri. Jangan pernah melangkah keluar dari ‘rumah’ itu. Keluar dari sana berarti kehilangan Bapa dan Sang Anak. Kita pun kehilangan diri sendiri, terlunta-lunta dalam hasrat menjadi orang lain. Kita juga tersesat dalam keinginan untuk hidup sebagai orang lain. Akibatnya, sukacita dan damai sejahtera pupus, yang tersisa hanya batin yang buram, pucat, sepi serta letih. Bersinarlah! Stay home, stay safe.

KJ. 362 : 3, 4
Doa : (Aku memuliakan-Mu Tuhan dan Allahku. Mohon tinggallah dalam-ku, sebab aku hanya mau tinggal di dalam-Mu, dan menjadi diriku sesuai yang Engkau rancangkan)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya