Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Kamis 10 Desember 2020 –Renungan Malam

MINGGU ADVEN II

GB. 68 : 1 – Berdoa

Markus 1 : 40 – 45

Belas Kasihan Yesus

Penyakit kusta menular dan berbahaya. Penderitanya mengalami pengucilan dan terbuang dari masyarakat. Mereka dipandang najis dan tidak layak secara rohani. Sama sekali tidak ada perlindungan secara medis. Hidup mereka terasing dari persekutuan. Sekalipun begitu, mereka masih dapat mendengar kisah pelayanan Tuhan Yesus yang sudah tersebar luas. Kabar gembira tersampaikan dari mulut ke mulut dan terdengar di telinga penderita kusta. Tekadnya bulat menjumpai Tuhan Yesus pada waktu yang direncanakan.

Penderita kusta anonim ini, tunduk di hadapan Tuhan Yesus. Permintaannya sederhana: Jika Tuhan mau, Tuhan Yesus dapat memberi kesembuhan. Permintaannya bukan paksaan. Permintaan sederhana, sebab kuasa Tuhan Yesus sudah terbukti. Sikap dan kata-kata penderita kusta merupakan ekspresi meyakinkan dari seseorang yang butuh pertolongan Tuhan Yesus. Kata-kata permohonannya mustahil mendapat penolakan. Tuhan Yesus tidak terganggu dengan permohonannya. Kesembuhan total diberikan-Nya, sebab Tuhan Yesus mengasihinya. Penyakit kusta itu lenyap dari tubuhnya. Kesembuhan itu harus ditindaklanjuti dengan ritual keagamaan di bait Tuhan, agar komunitas dapat menerimanya kembali.

Kepercayaan kepada Tuhan Yesus mengingatkan, bahwa dalam banyak hal kita membutuhkan belas kasihan-Nya. Seringkali di saat situasi tenang dan baik, komunikasi kita dengan Tuhan tidak berfungsi. Tuhan hanya dibutuhkan saat jalan sudah buntu. Tuhan hanya diperalat demi kepentingan pribadi. Sikap ini jauh dari kekudusan Tuhan. Belas kasihan Tuhan Yesus selalu tersedia sampai hari ini. Maukah kita memosisikan diri seperti penderita kusta yang percaya pada kebaikan Tuhan dan yakin hidupnya disembuhkan? Kerendahan hati menolong kita mengalami mukjizat Tuhan Yesus dalam hidup yang nyata. Sukacita besar menyebabkan seseorang giat bersaksi tentang kasih Tuhan Yesus dengan penuh kegembiraan tanpa rasa takut.

GB. 68 : 2
Doa : (Kami membutuhkan belas kasihan Tuhan Yesus dalam menghadapi pelbagai peristiwa hidup. Kami percaya Tuhan Yesus selalu menolong kami tepat waktu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya