Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Kamis 19 November 2020 – Renungan Malam

MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

GB. 277 : 1 – Berdoa


Imamat 10 : 8 – 11

Pemimpin Yang Bertindak Sesuai Etika

Saudaraku, banyak orang yang meminta kelebihan dari anggur perjamuan yang disediakan oleh gereja. Mereka meminta anggur tersebut untuk diminum dengan jumlah yang banyak dan tak heran jika ada yang sampai mabuk. Mereka melakukan hal ini karena ingin memuaskan hawa nafsu. Ada kesan “aji mumpung” di dalam diri. Daripada keluar uang untuk membeli anggur di toko, lebih baik minta di gereja setelah ibadah perjamuan kudus.

Saudaraku, kecenderungan ini nampaknya juga ada di dalam diri Harun. Tuhan pun mengingatkan Harun akan hal tersebut (ay.8-9). Harun yang adalah pemimpin umat harus bertindak sesuai dengan etika karena ia memiliki hikmat untuk membedakan antara yang kudus dan tidak kudus. Firman Tuhan, “Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis (ay.10) Tuhan mengingatkan demikian karena Harun harus mengajarkan hal tersebut kepada bangsa Israel (ay. 11). Untuk menjadi guru yang baik, maka Harun harus menjadi teladan bagi seluruh umat Israel.

Saudaraku, kita sebagai umat yang percaya kepada Tuhan juga harus bertindak sesuai etika, agar menjadi teladan. Ketika mampu menjadi teladan, maka apapun yang akan diajarkan kepada anak-anak, bahkan orang yang lebih tua dari kita pasti dilakukan oleh mereka. Dengan bertindak sesuai etika, kita juga sedang  melaksanakan perintah dari Tuhan dan akhirnya nama-Nya semakin dimuliakan. Orang-orang pun dapat melihat perbedaan antara contoh kehidupan yang benar dengan yang salah, serta sikap orang yang beriman kepada Tuhan dan tidak. Kita juga pada akhirnya dapat memberikan pertanggungjawaban kepada Tuhan dan sesama. Apakah kita sudah bertindak sesuai etika pada hari ini?

GB. 277 : 2, 3
Doa : (Tuhan Yesus, kami berkomitmen untuk bertindak sesuai etika pengajaran-Mu agar Nama-Mu semakin dimuliakan)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya