Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu, 20 Mei 2018 – Renungan Pagi

 

Minggu Pentakosta

Minggu, 20 Mei 2018
Renungan Pagi

KJ 36:1 – Berdoa

KARAKTER HIDUP PEMBAWA DAMAI

Nehemia 1 : 1-6
“Ketika ku dengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit” (ayat 4)

Charles Spurgeon (1834-1892), seorang pengkhotbah asal Inggris menyatakan tentang 3 hal yang menentukan karakter orang Kristen dalam “3 R” yaitu Ruin = kejatuhan, Redemption = penebusan dan Regeneration = pembaharuan. Setiap pribadi yang hendak dibangun karakternya oleh Kristus, harus mengakui kejatuhan, kesalahan kita dan mengalami penebusan Allah, dan tidak akan berhenti di situ saja hingga seseorang itu masuk dalam pembaharuan. Mendengar kesusahan dan kesukaran yang menimpa saudara-saudaranya di Yerusalem, Nehemia tidak bisa berdiam diri. la turut merasakan kepedihan mereka, dengan menangis, berkabung, dan berpuasa serta berdoa. Jika kita ingin hidup sebagai pembawa damai, pertanyaaan pertama adalah darimana kita harus mulai ? Nehemia tidak cukup untuk melakukan hal-hal di atas tadi. Nehemia harus bersikap melampaui semua itu. Ia memohon ampun, bersama-sama kaumnya. Dosa telah menghalangi umat menikmati damai sejahtera.

Dosa telah memisahkan umat dari Bapa. Dengan mengakui kejatuhan, dosa, kita membangun kembali jembatan yang mendekatkan kita pada Bapa. Penebusan Allah, membuka kesempatan untuk kita beroleh pengharapan baru, dan pada gilirannya pembaharuan dapat terjadi. Karakter seorang pembawa damai harus berawal dari kesediaan seseorang untuk menjadi rendah di hadapan Allah, bahwa dirinya tidak luput dari kesalahan. Kesukaran saudara kita telah turut membawa kita dalam pengakuan bersama bahwa dosa kita telah menjerat hidup dalam kesusahan. Sekaligus ia mengaku bahwa hanya Tuhan yang dapat memulihkan dirinya, tidak ada kekuatan lain. Karakter seorang pembawa damai terbentuk karena ia mengalami pembaharuan terlebih dahulu oleh Kristus. Adakah hal yang menghalangi anda untuk membangun karakter seorang yang hidup dalam damai ? Maukah anda menolong saudaramu untuk menjadi pembawa damai ?

KJ 36 : 4
Doa : (Ya Bapa, bangunkanlah kami kembali untuk hidup sebagai pembawa damai)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya