Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 7 Februari 2021 –Renungan Pagi

MINGGU V SES. EPIFANI

♪KJ. 143: 1 – Berdoa

Lukas 9: 28 – 26

Identitas Yesus

Panggilan untuk meneruskan “kabar baik” tentang karya keselamatan di dalam Yesus Kristus merupakan tugas mulia yang bukan tanpa halangan. Namun demikian, jatuh bangun seorang pelayan dalam membentuk karakter diri yang kuat akan mer. dorongnya untuk belajar sabar, rendah hati, berjuang mengalahkan keegoisan diri, dan terus meningkatkan iman mengandalkan Allah dalam hidupnya. Apa artinya perkataan yang manis dan sedap didengar, tetapi perilaku hidup tidak mencerminkan diri sebagai hamba yang suka mendengarkan perkataan Yesus Kristus? Apakah para pembawa “kabar baik” sudah mengenal betul siapakah Yesus, dan sejauh mana pengenalan itu memengaruhi hidup beriman mereka?

Bacaan saat ini menunjukkan adanya peristiwa transfigurasi atau Pemuliaan Yesus di gunung Tabor. Transfigurasi adalah kondisi yang membahagiakan, sehingga Petrus meminta, agar kemuliaan itu tetap tinggal dengan didirikannya kemah bagi Yesus, Musa maupun Elia. Ini menunjukan, bahwa Petrus belum sungguh-sungguh mengenal Yesus. la memang mengakui, bahwa Yesus adalah Mesias (ayat 20). Namun demikian, bayangannya tentang Mesias sangat berbeda dengan maksud penyelamatan Allah. Transfigurasi Yesus dalam teks ini menunjukkan identitas Yesus sebagai Anak Allah dalam kemuliaan Sorgawi, sekaligus juga la adalah Anak Manusia yang akan menempuh jalan sengsara. Transfigurasi ini memaklumkan, bahwa Yesus adalah yang dipilih Allah untuk menyelamatkan dunia. Seruan untuk mendengarkan Yesus mau menegaskan, bahwa Dia adalah Mesias juga nabi besar seperti yang telah disinggung oleh Musa (Ulangan 18: 15).

Kenalkah kita akan Dia? la datang dalam kemuliaan, tetapi juga menempuh jalan sengsara untuk keselamatan kita. Orang yang mengenal Yesus dengan benar akan mewujudkan pancaran kemuliaan kasih melalui kesabaran diri menanggung sengsara memikul salib dan mengikuti Dia (Lukas 9: 23). Teruslah dengarkan Dia, Yesus Kristus yang dipilih dan dimuliakan Allah.

♪KJ.143: 2
Doa: (Ya Kristus, tolonglah kami untuk mengenal dan mendengarkan ajaran-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya