Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 10 Februari 2021 – Renungan Malam

MINGGU V SES. EPIFANI

♪KJ.237 :1,2 – Berdoa

Lukas 11 : 9-13

Roh Memberi Pengertian Terhadap Jawaban Doa

Di bulan Oktober tahun lalu, kami ikut mendukung dalam doa satu keluarga Kristen yang tertular virus Corona. Waktu terus bergulir, istri terkasih dan kedua anaknya sembuh dari penyakit yang sangat berbahaya itu. Sedangkan sang suami pada akhirnya meninggal. Orang dapat saja bertanya, Tuhan, siang malam tiada henti doa dipanjatkan, namun mengapa Engkau begitu cepat mengambil sang suami? Bukankah istrinya masih membutuhkan kehadiran suami, sebab dia tidak saja baru sembuh dari penyakit corona, tetapi juga menanggung penyakit kanker? Bagaimana dengan kebenaran Firman yang begitu melekat dalam diri orang beriman seperti yang tertulis dalam bacaan kita malam ini ?

Lukas 11 : 9-13 berisikan jaminan terhadap jawaban doa. Bahwa orang yang mencari Tuhan, menaruh harapan kepada-Nya, menanyakan kehendak-Nya akan mendapatkan bagian yang ditentukan baginya. Roh Tuhan yang memberikan pengertian kepada mereka yang sungguh-sungguh berikhtiar untuk mencari kehendak-Nya. Tekanan utamanya terletak pada belas kasih Tuhan dalam menjawab doa-doa orang beriman. Bila Tuhan di dalam Kristus adalah sahabat kita, maka Dia pastiakan mengetahui apa yang kita butuhkan. Dapat saja kita menginginkan, agar Tuhan menjawab doa sesuai apa yang diharapkan. Namun demikian, la maha mengetahui apa yang kita butuhkan.

Keluarga yang bergumul di atas memperlihatkan sikap iman mereka tentang jawaban doa. Walau berat, namun ketabahan dan kepasrahan sang istri tidak mengurangi pengharapannya kepada Kristus, Tuhan yang baru di kenalnya 18 tahun silam. Baginya maupun keluarga besarnya, doa yang tiada berkeputusan akan menghasilkan jawaban sesuai rencana Tuhan. Karena itu mari tetap bersyukur sebab rencana Tuhan indah adanya.

♪GB. 114
Doa : (Tuhan, mohon tuntunlah kami dengan Roh-Mu, agar mampu menerima semua kehendak-Mu dalam hidup ini)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya