Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 9 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

 

MINGGU EPIFANIA

GB 86:1 – Berdoa

ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL

Yesaya 63:7-14
… maka Ia menjadi Juruselamat mereka (ay.8)

Kepemimpinan Allah atas umat memang tiada tara. Allah menyelamatkan dan perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian. Allah menyertai umat-Nya. Allah mencukupkan kebutuhan mereka padahal nyatanya umat sering memberontak. Umat tidak patuh, umat tidak layak menerima kasih Allah tetapi Allah tetap setia pada janji-Nya.

Dasar dari perbuatan Allah itu adalah kasih setia Tuhan dan sejak semula, dan menjadi satu-satunya jaminan untuk masa depan umat. Allah tetap memegang teguh janji kasih setia-Nya terhadap umat pilihan-Nya dan Allah tetap menjadi Juruselamat atas umat. Allah sendiri yang menyelamatkan dan menebus umat, Allah mengangkat dan menggendong sejak dahulu, dari generasi -regenerasi, turun temurun padahal umat memberontak, umat malah menolak kasih setia Allah. Allah mengaruniakan Roh–Nya yang kudus agar umat hidup dalam persekutuan kasih setia dengan Allah. Nyatanya hati umat itu degil dan suka melawan kehendak Allah. Mereka bertindak fatal; mendukakan Roh Kudus yang Allah materaikan atas mereka.

Allah hadir ditengah-tengah umat dalam Roh-Nya yang kudus, agar umat punya kepekaan terhadap penghantaran Allah bagi mereka. Roh Tuhan juga yang membawa mareka ke tempat perhentian. Saudaraku, mari jangan ulangl kesalahan urnat di masa lampau. Allah sudah begitu rupa, melakukan tindakan penyelamatan bagi umat-Nya. Allah adalah panyelamatan yang tinggal atas umat (ay. 8. 9). Allah sudah datang bagi kita sekarang. Allah hadir melalui Yesus Kristus, Dialah satu-satunya Tuhan dan Juruselamat kita. Roh Kudus sudah dicurahkan bagi semua orang beriman dalam peristiwa Pentakosta. Roh-Nya juga sudah termeterai dalam diri setiap orang percaya, saat dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan di setiap hari minggu sesudah berita anugrah pengampunan dosa yang kita terima dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Jadikan Dia sabagai Penyelamat Tunggal kita serta yakin akan kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita.

GB.86 : 4
Doa : (Pimpin dan bimbing kami senantiasa ya Tuhan, agar tetap beriman percaya hanya kepada-Mu}


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya