Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 13 Februari 2021 – Renungan Pagi

MINGGU V SES.EPIFANI
♪GB 16:1 – Berdoa

Lukas 11 : 37-44

Kecaman Yesus Terhadap Orang Farisi

Di masa pandemi Covid-19, tiap orang diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker maupun menjaga jarak. Anjuran ini diharapkan, agar seluruh lapisan masyarakat dapat mematuhinya demi keselamatan bersama. Kelalaian mengikuti protokol kesehatan akan dikenakan sanksi, sehingga pada lokasi tertentu dituliskan misalnya “area wajib masker”. Apakah sikap Yesus saat diundang oleh seorang Farisi untuk makan di rumahnya menunjukkan ketidaktaatan-Nya kepada hukum Yahudi ? Apa sesungguhnya maksud tindakan Yesus serta kecaman yang ditujukan-Nya kepada orang-orang Farisi?

Lukas menuliskan keheranan orang Farisi, ketika Yesus tidak terlebih dahulu mencuci tangan. Padahal dalam tradisi Yahudi, hal mencuci tangan sebelum makan adalah wajib hukumnya. Namun demikian, melalui kecaman, Yesus memperlihatkan, bahwa la menghendaki adanya kekudusan hidup baik dari luar maupun dalam diri seseorang. Dengan menyinggung soal persepuluhan, kedudukan terhormat maupun kuburan berlabur putih, Yesus sedang memberikan pengajaran tentang hal penting dan sangat utama yaitu keadilan dan kasih, kerendahan hati, serta kekudusan hidup yang berdampak positif bagi hidup orang lain.

Janganlah berpura-pura saleh dengan berbagai peraturan agama padahal keadaan sebenarnya ibarat kuburan berlabur kapur putih namun isinya najis atau sudah busuk. Perilaku seseorang yang hidup sebagai warga Kerajaan Alah harus mencerminkan ketulusan dan kesucian hidup dari dalam maupun luar diri. Mari jalani hidup di sepanjang hari ini dengan melibatkan Kristus, agar kemunafikan, keangkuhan menjauh, dan kasih yang tiada batas mendominasi perjalanan hidup, sehingga kita dapat menjadi berkat bagi sesama baik sekarang maupun waktu yang akan datang.

♪GB.50 : 1,2
Doa : (Ya Kristus, tolong sucikan dan bentuklah hidup kami sebagai manusia yang memiliki kasih dan kerendahan hati)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya