Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 23 Agustus 2020 – Renungan Pagi

HARI MINGGU Xll SES. PENTAKOSTA

♪  GB.61 : 1, 2 – Berdoa

Keluaran 21 : 1 – 6

Kerjakan Yang Kita Mampu

Seringkali kita ingin tujuan cepat tercapai. Kita kecewa ketika keadaan tak mendukung. Kita bisa marah bahkan sampai ngambek. Jika yang menghambat itu orang di sekitar, kita mau memusuhinya. Jika penghambat itu dari dalam diri sendiri, maka kita bisa membenci diri sendiri. Apapun itu sebaiknya kita dapat menerima kenyataan yang tak seperti diharapkan. Namun demikian kita harus terus berjuang. Sambil menanti keadaan lebih baik, kita terus melakukan apa yang bisa untuk diperbuat pada setiap kesempatan yang ada. Keadaan dan hidup ini memang terus berproses ke arah yang Tuhan inginkan.

Tentu Tuhan tak menginginkan perbudakan dan poligami, tetapi Dia sabar menunggu perubahan dari umat-Nya. Karenanya untuk sementara la membiarkannya terjadi, tetapi dengan membuat aturan yang lebih baik dan lebih manusiawi dibanding dengan yang terjadi pada bangsa lain di sekitar Israel sebagaimana bacaan Alkitab kita hari ini. Tentu la terus membimbing umat-Nya agar suatu saat kelak perbudakan dan poligami itu ditiadakan/ dihapuskan di antara umat-Nya.

Tuhan memaklumi keadaan kita. Tuhan sabar membimbing kita. Sebagai pengikut-Nya, kita perlu meniru dengan menerima kekurangan sesama dan terus membimbing ke arah yang lebih baik. Tentu dengan terlebih dahulu memberi contoh/mencontohkannya dalam kehidupan kita. Tuhan telah menerima kita dengan segala kekurangan dan kelemahan. Kita pun harus terus berusaha mengerjakan apa yang mampu dikerjakan, karena Tuhan telah mengerjakan yang baik dalam hidup ini. Mari lakukan apa yang menjadi bagian kita dan Tuhan akan dapat memakai yang Iain untuk melanjutkannya. Sebab seringkali hasil yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil. Keberhasilan yang besar sering didapat secara bertahap dan berjenjang. Kita diminta sabar dan terus melakukan apa yang dapat dilakukan sesuai kemampuan dan pada setiap kesempatan yang ada. Teruslah berkarya meneladani-Nya. Tuhan menolong kita.

♪  GB.61 : 3, 4
Doa : (Ya Tuhan, tolong mampukan kami berkarya dengan maksimal)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya