Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 26 Desember 2020 –Renungan Malam

HARI NATAL II

GB.145 : 1,4 – Berdoa

MATIUS 2 : 16 – 18

Kendalikan Marah Dengan Bijak

Marah adalah salah satu bentuk emosi yang sama seperti seseorang tertawa atau menangis. Penyebab kemarahan banyak faktornya. Pada umumnya orang marah, karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang diinginkan. Itu membuatnya merasa tidak senang. Marah juga bisa disebabkan, karena penyakit yang sedang dirasakan dalam tubuh manusia dan memengaruhi emosinya.

Kemarahan Herodes dalam bacaan ini disebabkan keinginannya yang terusik. Herodes marah terhadap seorang Bayi bernama Yesus yang dipandang mengancam kekuasaannya. Apalagi tiga orang majus dari Timur, secara khusus datang menemui Bayi Yesus untuk menyembah dan mempersembahkan hal-hal yang sangat berharga dalam budaya mereka sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan diri, bahwa Dia (Yesus) adalah Raja. Iri hati merasuki perasaan Herodes dan berakibat pada tindakan kejam terhadap bayi-bayi di usia dua tahun ke bawah. Herodes membunuh bayi-bayi itu sebagai bentuk kemarahannya terhadap sikap para majus dan rasa takut kehilangan kekuasaan – kedudukan sebagai raja. Peristiwa ini menjadi catatan sejarah Kristen guna mengingatkan kita, bahwa Yesus hadir untuk mendatangkan damai sejahtera bukan kebencian. Kebencian Herodes terhadap Yesus merupakan gambaran tantangan yang akan dihadapi-Nya di masa akan datang. Pembunuhan massal yang dilakukan oleh Herodes berakibat pada ratapan ibu-ibu yang kehilangan anak-anak mereka.

Gambaran pribadi Herodes mengingatkan kita, agar tidak mengambil keputusan di saat sedang marah. Keputusan yang diambil dalam keadaan marah kadang menimbulkan tindakan yang fatal dan merugikan diri sendiri. Akibatnya penyesalan seumur hidup. Kendalikanlah amarah dengan bijak dalam menghadapi persoalan. Sebelum mengambil keputusan hendaknya memerhatikan dan memertimbangkan manfaat sekaligus risikonya, serta meminta orang lain yang dapat membantu untuk melihat dengan lebih bijaksana.

GB.145 : 5, 6
Doa : (Tuhan Yesus, tolong aku, agar dapat mengendalikan diri dengan baik, sehingga tidak mudah marah terhadap orang Iain)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya