Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 7 November 2020 – Renungan Malam

MINGGU XXII SES.PENTAKOSTA

KJ. 445 : 1 – Berdoa

2 Korintus 2 : 5 – 11

Memberi Hormat Secara Pantas

Dalam kehidupan manusia, iblis adalah konsep yang dapat menjadi ‘kambing hitam’ dan ‘penyelamat’. Perbedaan di antara keduanya sangat tipis. Jika seseorang melakukan kesalahan, maka ia akan menyalahkan iblis. Hal ini membuat kekurangan dari orang itu tertutup. Begitu juga saat seseorang gagal melakukan kebaikan, maka iblis adalah penyebab dari hal itu. lblis merupakan penyebab seseorang melakukan hal yang bodoh. Kegagalan orang itu tidak terlihat. Kelemahan orang itu diselamatkan dengan ‘mengkambing-hitamkan’ iblis. Sikap manusia yang seperti ini tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik bagi dirinya. la semakin terpuruk dan menjauh dari kehidupan yang benar.

Dalam keadaan yang sulit, Paulus tetap mendidik rekan-rekan sepelayanannya untuk tidak memberikan ruang bagi iblis. Tujuan iblis tidaklah sama dengan maksud Tuhan. Tujuan iblis adalah menjauhkan manusia dari kehidupan yang takut akan Tuhan. Sebaliknya, Tuhan ingin agar manusia hidup dekat dengan-Nya. Artinya, manusia menjadikan Tuhan sebagai penuntun kehidupan. Rencana Tuhan adalah rancangan damai sejahtera (Yeremia 29 : 11). Paulus tidak ingin iblis mendapat peluang untuk turut berperan dalam kehidupan umat Tuhan.

Saat GPIB merayakan ulang tahun ke-72, GPIB harus mengingat bahwa tidak semua gereja dapat bertahan dengan baik. Jejak-jejak kehidupan Yesus di tempat la hidup tidak bertahan selamanya. Para pengikut Yesus pun tidak hidup selamanya. Banyak gereja yang sudah tidak lagi merayakan hari ulang tahunnya. Banyak gereja juga yang sudah hilang dari peradaban. Pertanyaannya, apakah GPIB akan mengalami hal yang sama? Untuk menjawab pertanyaan ini, GPIB perlu untuk merenungkan satu hal. GPIB perlu untuk mengawasi, apakah iblis memperoleh keuntungan sekecil apa pun dalam kehidupan jemaat-jemaat sejauh ini?

KJ. 445 : 2
Doa : (Tolong ajari kami ya Tuhan untuk tidak mendahulukan kepentingan diri sendiri daripada kemuIiaan-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya