Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA, 10 JULI 2018 – Renungan Pagi

 

SELASA, 10 JULI 2018
Renungan Pagi

GB.94 : 1 – Berdoa

ROH YANG MEMERDEKAKAN

2 Korintus 3 : 12-18
“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdakaan” (ay.17)

Percayakah saudara bahwa ada kemerdekaan sejati? Apakah pembebasan secara politis dapat menjamin seseorang menikmati kemerdekaan sejati, tanpa stress, tanpa ketakutan, tanpa intimidasi dan sebagainya? Tidak! Tidak ada kebebasan sejati. Kemerdekaan politis tidak menjamin, bahwa seseorang terbebas dari penjajahan. Sekalipun di dalam sebuah negara merdeka, kita masih merasakan penjajahan dalam bentuk ekonomi, kekuatan sosial politik dan sebagainya. Dimana ada ketakutan, teror, intimidasi politik, pemahaman tentang mayoritas dan minoritas, tindakan kekerasan, sesungguhnya, di situ tidak ada kemerdekaan sejati. Keadaan itu dapat dikatakan kemerdekaan administratif belaka, bukan kemerdekaan sempurna.

Paulus ingin mengingatkan orang Kristen, bahwa Allah telah membebaskan manusia sampai keakarnya. Rasul ingin menegaskan, bahwa Israel secara spiritual belum merdeka selama mereka masih terikat pada figur Musa. Mengapa? Sebab mereka mengikatkan diri pada hukum-hukum yang mematikan. Hukum Taurat tidak dilakukan dalam suasana kebebasan, melainkan di bawah ancaman ketakutan. Artinya, jika seseorang tidak melakukan Hukum Taurat secara baik dan benar; maka ia pasti hukum. Hukum Taurat berubah wajahnya menjadi momok menakutkan. Roh umat terkekang dan tertekan. Paulus menasihati orang Kristen, bahwa tubuh-roh-jiwanya telah dibebaskan dari dosa oleh pelayanan Yesus Kristus. Melalui dan di dalam kematian-Nya Allah telah menganugerahkan kemerdekaan sejati. Kemerdekaan yang dituntun oleh Roh Kristus.

Oleh iman kepada Dia, siapapun diperkenankan untuk menghadap Allah. Inilah kemerdekaan sejati, yang lahir dari pelayanan Yesus Kristus. Dan, jemaat kristen saat ini diutus untuk mengerjakan pelayanan yang memerdekakan manusia dari berbagai bentuk penjajahan, baik yang bersifat pisik maupun kejiwaan. Pelayanan yang membebaskan manusia dari berbagai masalah dalam lingkungan masyarakatnya. Pelayanan pembebasan itupun tidak bertujuan mengkristenkan, melainkan mendamaikan dan membawa sukacita bagi orang yang menghadapi persoalan berat. Biarlah Roh Allah saja yang memimpin tiap orang menikmati karya layan kita sampai mereka mengakui Yesus Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat.

GB.194 : 2 “Kurasakan Nyala Api Dalam Hatiku” – Berdoa
Doa : (Tuhan, terima kasih atas Roh-Mu yang telah memerdekakan kami)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya