Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA, 31 JULI 2018 – Renungan Malam

 

SELASA, 31 JULI 2018
Renungan Malam

KJ.393 : 1 – Berdoa

SUKACITA DENGAN SESAMA

Kejadian 21:4-7
“Berkatalah Sara: Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.” (ay.6)

Seorang anak berkata kepada ibunya bahwa untuk merayakan hari ulang tahunnya tahun ini, ia akan mengundang sejumlah temannya berenang bersama di sebuah hotel. Tindakan si anak itu terjadi karena ia ingin membagi sukacitanya dengan orang-orang yang dekat dengannya. Ia tidak mau menikmati sukacitanya sendiri, karena sudah tentu itu tidak menyenangkan, apalagi cuma dengan orangtuanya saja. Setiap saat mereka sudah bersamanya membagi sukacita dan kesenangannya. Ia ingin agar sukacitanya dirasakan juga oleh teman-temannya. Ini sangat manusiawi sekali, karena manusia adalah makhluk sosial, bukan hanya individual.

Suka cita yang Sara rasakan, bahwa ia tertawa ketika dijanjikan akan melahirkan seorang anak laki-laki (Kejadian 18:12-13), juga disadarinya sebagai sukacita bagi banyak orang juga. Dalam sukacitanya, Sara sadar akan keberadaannya dengan sesamanya yang lain. Sara sadar bahwa sukacitanya juga sukacita orang lain. Sara dan Abraham sadar bahwa sukacita mereka itu, bukanlah sukacita mereka sendiri, akan tetapi sukacita banyak orang sebagai kenyataan sosial.

Individu dan sosial adalah dua sisi dari satu mata uang. Seseorang tidak bisa hidup hanya bagi dirinya sendiri. Ia lahir dari seorang perempuan dan ketika lahir, ia juga membutuhkan orang lain untuk memberinya makan. Jadi hidup yang berpusat pada diri sendiri, bukanlah hidup yang sejati. Juga ketika kekayaan dicari hanya dipahami seseorang hanya bagi diri sendiri, maka tidak ada sukacita sama sekali. Suka cita hanya menjadi utuh ketika dibagi dengan sesama. Banyak persoalan dalam kehidupan manusia terjadi ketika orang hanya berpikir bagi dirinya sendiri. Padahal dengan mengosongkan diri bagi sesama, seseorang menjadi manusia yang utuh.

KJ.393:2
Doa : (Ajari kami ya Tuhan, untuk berbagi dengan sesama karena itu kehendak Tuhan bagi kami sebagai manusia)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya