Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA, 4 DESEMBER 2018 – Renungan Malam

 

MINGGU ADVEN I

GB.117:1,2 – Berdoa

PERTOBATAN SEJATI

Yeremia 14:7-9
Sekalipun kesalahan-kesalahan kami bersaksi melawan kami, bertindaklah membela kami, ya TUHAN. oleh Karena nama-Mu! Sebab banyak kemurtadan kami, kami telah berdosa kepada-Mu. (ay.7)

Perikop ini berisi doa syafaat Yerernia mewakili umat Yehuda dan jawab Allah terhadap doa tersebut. Bencana kekeringan tersebut telah menghancurkan kota, tanah pertanian, pegunungan, manusia, hewan, orang besar, rakyat jelata, semua menanggung akibat parah kekeringan tersebut (5-6). Meski setelah mendengar tentang ancaman kekeringan berat ini pun, Yehuda tetap saja mengeraskan hati.

Andaikan Yehuda mengakui dosa-dosa mereka dan memohon ampunan tentu mereka akan beroleh belas kasihan Allah. Oleh Karena mereka tidak melakukan itu, Yeremia bertindak mewakili bangsanya mengakui dosa, memohon ampun, bersyafaat (7-9). Yeremia telah mengingatkan, menegor, berdoa dan menanti Tuhan, namun berbeda dengan para nabi palsu. Mereka meninabobokan Yehuda dengan doa-doa bahwa Tuhan mernberi damai tanpa mereka harus bertobat. Para nabi dan negarawan seperti itu hanya ingin menyenangkan hati umat dan beroleh untung bukan menyampaikan pesan Tuhan dengan segala resikonya.

Tuhan, melalui firman-Nya berkehendak menegor dan menyelamatkan umat-Nya. Umat Allah yang mernbuka dirinya, mampu merendahkan hatinya dan tidak hanya mau mendengar yang menyenangkan dirinya saja. Misalnya : hidup berkelimpahan tanpa susah payah; berkat tanpa perjuangan; keberhasilan tanpa penderitaan. Allah ingin membentuk kehidupan kita dalarn ketaatan, ketabahan, dan perjuangan melalui kehidupan yang benar. Tuhan ingin umatnya terus berjuang bersama Tuhan Yesus dengan beriman sungguh-sungguh. Sebab ujian terhadap imannya akan menghasilkan ketekunan (Yakobus 1: 3-4)

GB.117:3
Doa : (Tuhan berikan kami hati yang terbuka untuk menerima tegoran dari firman-Mu dan tidak mengeraskan hati, agar layak bagimu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya