Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 9 Februari 2021 – Renungan Pagi

MINGGU V SES. EPIFANI

♪KJ. 321 : 1,4 – Berdoa

Lukas 10 : 38 – 41

Melayani Tuhan Dengan Cara Yang Tepat

Berkarya nyata di tengah masyarakat adalah panggilan kita selaku pribadi bahkan gereja Tuhan. Panggilan tersebut hendaknya terlebih dahulu dimaknai di tengah-tengah keluarga dengan memberikan yang terbaik agar menghasilkan sukacita dan damai sejahtera bagi seisi rumah. Perilaku Maria dan Marta dalam memberikan pelayanan dianggap baik menurut pandangan mereka sendiri. Perilaku itu tentu memiliki dasar. Pertanyaannya adalah dasar apa yang mereka gunakan? Apakah dasar itu menjadi utama atau yang lebih utama. Apakah penting ataukah lebih penting?

Menurut bacaan, Marta digambarkan sebagai seorang perempuan yang aktif dalam mengurusi hal-hal yang praktis seperti mempersiapkan makanan, minuman untuk menyambut tamu di rumahnya. Sementara Maria memilih tenang untuk membuka hatinya terhadap perkara-perkara rohani. Maria telah memilih hal yang lebih penting dari sekadar penting yakni memperhatikan kepada perkara yang tidak dapat binasa yaitu hal Kerajaan Allah. Kesibukan Martha melalaikan seuatu yang lebih penting. Segala perhatian Martha telah tenggelam dalam mengurus makanan dan minuman bagi para tamu daripada perhatiannya terhadap kebutuhan rohani yang tidak dapat binasa. Martha mengira bahwa dia telah melayani Yesus dengan cara yang tepat. Martha belum menyadari. bahwa ada waktu yang tepat untuk melayani Yesus dengan menyiapkan makanan dan minuman. Ada waktu yang tepat untuk mendengarkan Firman Tuhan.

Hal ini mengingatkan saya kepada ibu-ibu ketika ibadah syukur sedang berlangsung di rumah-rumah keluarga. Tuan rumah sangat sibuk menyiapkan makan dan minum bahkan berlalu Ialang saat Firman sedang diberitakan dan doa sedang dipanjatkan. Benar bahwa keluarga hendak menyiapkan yang terbaik bagi para tamunya, tetapi bagaimana tamu yang utama yaitu Kristus yang hadir melalui Firman-Nya. Mari menyambut kehadiran Kristus seperti Maria telah memilih yang terbaik dalam menyambut Yesus dengan mendengarkan perkataan-Nya.

♪KJ. 441 : 1
Doa : (Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk melayani Engkau dengan cara yang berkenan di hadapan-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya