Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SELASA,18 SEPTEMBER 2018 – Renungan Pagi

 

GB.79 : 1,2 – Berdoa

YANG DITINGGIKAN, YANG DITUNDUKKAN

Yesaya 2:11-17
“Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu” (ay.17)

Lagu “Killing Floor” adalah lagu yang disukai oleh gitaris Eric Clapton yang dijuluki God of Guitar. Jari-jari tangan kirinya bergerak menakjubkan di atas fret gitar memainkan lagu yang katanya susah itu. Pada satu kesempatan konser, Clapton dan bandnya, Cream, menyilakan seorang anak muda pemalu tampil dengan gitarnya.

Anak muda itu menyalakan amplifier dan menyetel tombol-tombol-nya hingga 10. Tidak ngomong apa-apa. Semua orang bingung melihatnya. Volume di gitar Statosfernya dipelankan supaya imbang. Mereka semua geleng-geleng kepala. Bakal keras nih suaranya. Anak muda itu pun mendapat kesempatan aksi solo dengan lagu kesukaan Clapton. Clapton hanya terperanjat melihat permainan gitarnya. Permainan gitarnya terlampau lincah. Clapton segera meninggalkan panggung. Dia agak marah dan mengatakan pada orang yang telah membawa anak muda itu; “Kamu tidak memberitahu saya, dia begitu bagus.”

Mendapat Sanjungan dan dianggap lebih dari yang lain dapat membuat seseorang senang. Sanjungan yang diterima merupakan pengakuan dari orang lain bahwa dirinya lebih baik. Beberapa orang berusaha tetap merendah dengan sanjungan yang diterima. Mereka menganggap sanjungan tersebut tidak layak diterimanya. Namun tidak sedikit juga yang memenuhi ruang ingatan di kepalanya dengan sanjungan hingga menjadi besar kepala.

Nabi Yesaya mengingatkan para petinggi di Yerusalem agar tidak menyombongkan diri. Karena pada saatnya nanti, Tuhan akan menundukkan dan merendahkan mereka. Mereka akan melihat bahwa kekuasaan hanya ada pada Tuhan. Tidak ada di alam ini yang melebihi Tuhan. Dia adalah Allah Yang Mahakuasa. Bertahun-tahun kemudian Clapton masih malu mengingat pengalaman itu. Anak muda yang pemalu itu pun kelak menjadi terkenal. Para pemain gitar mungkin mengetahui namanya : Jimi Hendrix.

GB.79:3
Doa : (Tuhan, ajarlah kami untuk tidak membiarkan diri larut dalam sanjungan, sehingga melupakan kebesaran kuasa-Mu; juga ajar kami menundukkan hati di hadapan setiap orang)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

PRAPASKAH / SENGSARA
Masa ini dirayakan 7 minggu berturut-turut sebelum Paskah *). Prapaskah merupakan masa penyadaran diri dan pertobatan.
Manusia berdosa menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan pengorbanan KRISTUS di salib dan diundang untuk
menerima kehidupan yang baru.
Warna dasar : Ungu Tua
Lambang/Logo : Ikan (ICHTUS)
Warna pinggir ikan dan huruf : Kuning
Tulisan : YESUS KRISTUS ANAK ALLAH JURUSELAMAT
Arti :
Tanda ini merupakan suatu sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan; sehingga untuk
menandai diri mereka sebagai orang-orang yang percaya kepada YESUS dipergunakan lambang ikan ini, yang dalam bahas Yunani
“IXOUS’ (Ichtus) yang berarti ikan, tetapi secara hurufiah merupakan suatu singkatan dari YESUS KRISTUS, ANAK ALLAH,
Juruselamat.