Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin 15 Februari 2021 – Renungan Malam

MINGGU VI SES. EPIFANI
♪KJ. 320: 1 – Berdoa

1 Yohanes 2 : 26-27

 

Pengurapan VS Penyesatan

 

Setiap orang memiliki identitas diri. Ada yang lemah lembut atau bertemperamen, ada penyayang, yang Iain pembenci. Rajin bangat, lainnya malas. Pada umumnya karakterlah yang memengaruhi kepribadian masing-masing orang. Seseorang yang dikenal baik mampu pengaruhi orang lain ikut bergembira, sedangkan pembuatonar melakukan kegaduhan. Namun semua ingin damai bukan?.

Rasul Yohanes mengamati ancaman perpecahan sedang melanda persekutuan umat binaannya. la menyampaikan surat bersifat pastoral. Kepada umat diingatkan ada orang-orang sesama umat sendiri berusaha menyesatkan mereka berbalik dari ajaran setia pada Tuhannya. Memang Yohanes tidak melihat ada kekerasan yang dilakukan terhadap umat yang sejati, namun ia sadar bahwa jikalau pengaruh penyesatan ini tidak segera ditangani, kekacauan akan semakin melebar, merusak tatanan internal dan sendi-sendi hidup keumatan dan lingkungannya.

Yohanes memilih membina pemahaman dasar seperti makna pengurapan oleh Yang Kudus yaitu Roh Kudus daripada memicu perlawanan phisik. Dengan mendorong umat tetap setia menerapkan nilai-nilai ketuhanan dalam diri mereka, diharapkan tampil menjadi umat teladan. Mereka dapat belajar memaknai pengurapan oleh Roh Kudus dalam baptisan dan penumpangan tangan bagi tugas jabatan, peneguhan sidi, pelayan khusus anak/ teruna maupun bagi segenap umat sebagai imamat am orang percaya. Mereka semua mengalami pengurapan Roh Kudus dalam dirinya terhadap berbagai hambatan penyesatan dan mengalami penguatan hidup sesungguhnya oleh iman yang mengalahkan penyesatan. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak prihatin terhadap pengikut Kristus termasuk pendeta yang meninggalkan hidup kekal karena menyangkal Kristus, Juruselamat dunia.


♪KJ. 320 : 2
Doa : (Tolong kami Tuhan menghayati setiap pengurapan Roh Kudus sehingga sanggup hidup berdasarkan Firman dan Roh)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya