Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SENIN, 2 JULI 2018 – Renungan Pagi

 

SENIN, 2 JULI 2018
Renungan Pagi

KJ.438:1,2 – Berdoa

TIDAK TAKUT MENDERITA

Yesaya 51:1-8
“Jangan takut jika diabaikan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka” (ay. 7c,d)

Penderitaan dialami bangsa Israel saat mereka di pembuangan. Yesaya menguatkan dan memotivasi umat-Nya bahwa orang percaya akan mengalami penderitaan seperti hamba Tuhan; akan diabaikan dan dinista oleh sesamanya. Menghadapi hal itu, Yesaya mengatakan; “Jangan takut….”. Tuhan akan menghibur umat-Nya dan menyatakan janji-janji-Nya dengan mendirikan Yerusalern baru serupa taman Eden, taman Tuhan (ay.1-3). Taman ini sebagai lambang kediaman yang sempurna, di mana segala sesuatu tersedia dengan berkelimpahan, manusia hidup damai dengan sesamanya, dengan semua mahluk lainnya dan dalam persekutuan dengan Allah.

Tuhan akan tetap memberkati orang yang selalu mencari Dia yaitu yang berdoa kepada-Nya, datang beribadah di rumah-Nya dan mempersembahkan korban serta senantiasa mencari kehendak Tuhan dalam hidupnya. Orang yang demikian akan senantiasa menaruh harapannya pada Tuhan di tengah ancaman hidup yang sedang dialami. Berkat Abraham tetap berlaku atas umat yang senantiasa memandang Tuhan sebagai Gunung Batu. Mereka akan menjadi pribadi yang tahan uji di tengah penderitaan. Mereka akan hadir sebagai bangsa yang menjadi terang dan berkat bagi bangsa-bangsa lain yang menanti-nantikan Tuhan. lnilah penghiburan yang Yesaya nyatakan kepada umat Tuhan di tengah penderitaan.

Jangan takut menderita karena menjadi orang yang percaya kepada Tuhan. Menderita karena Tuhan merupakan sumber sukacita. Allah akan senantiasa melindungi dan menjaga. Janji Tuhan bahwa berkat-Nya akan berkelimpahan atas setiap orang yang senantiasa mencari-Nya. Dalam penderitaan, kita tetap menjadi terang bagi banyak orang. Mother Teresa mengatakan: “Anugerah yang sangat indah bagi manusia ialah bahwa ia dapat menderita bersama Yesus.” Bersyukuriah atas penderitaan, karena kita memikulnya bersama Yesus.

KJ.438 : 3,4
Doa : (Tuhan, aku percaya bahwa penderitaan bukanlah hal yang menakutkan tetapi menguatkanku untuk semakin dekat pada-Mu dan peka terhadap sesama)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya