JUMAT, 14 JUNI 2019 – Renungan Malam

71 Kali dibaca, Diterbitkan: 14 June 2019        


 

MINGGU PENTAKOSTA

GB.255 : 1 – Berdoa

TUHAN TAHU APA RANCANGAN-NYA BAGI KITA

Yeremia 29:10 – 14
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (ay.11)

Tuhan tahu apa yang telah dan sedang dirancang-Nya bagi kehidupan kita, baik pribadi, keluarga, persekutuan, gereja maupun masyarakat dan bangsa; terlebih dalam keadaan susah dan derita. Rancangan Tuhan adalah untuk damai sejahtera hidup kita; bukan untuk mencelakakan kita. Memang, ketika celaka, kita menganggap Tuhan yang mencelakakan kita. Padahal kita celaka dan menderita adalah karena kejahatan kita sendiri; bukan Tuhan. Ia membiarkan kita celaka karena kita pun maninggalkan-Nya. Namun demikian, Tuhan tidak pernah membatalkan apa yang sudah direncanakan-Nya. Asalkan kita sadar dan bertobat. Cepat atau lambat, Tuhan akan mewujudkan rancangan-Nya, sehingga kita dapat menikmati masa depan yang penuh bahagia.

Yeremia menyampaikan firman Tuhan bahwa setelah tujuh puluh tahun barulah Tuhan memperhatikan mereka dan menepati janji-Nya untuk membebaskan dan membawa mereka kembali ke negeri-nya. Tujuh puluh tahun adalah waktu yang lama. Tuhan gunakan pembuangan untuk menyaring umat dan bangsa-Nya. Satu generasi lama bangsa Yehuda berakhir di Babel, sehingga yang akan kembali ke Yehuda adalah generasi baru. Inilah generasi yang telah mengalami penyertaan dan pertolongan Tuhan selama di pembuangan. Mereka akan menjadi generasi umat dan bangsa baru yang berseru, berdoa dan mencari serta menanyakan Tuhan dengan segenap hati. Tuhan akan menjumpai mereka, mewujudkan rancangan damai sejahtera-Nya serta mengumpulkan, memulihkan dan membawa mereka kembali ke negerinya.

Jika kita telah mengalami rencana Tuhan yang mensejahterakan hati dan hidup kita di tengah kelelahan dan kesusahan bekerja di hari ini maka bersyukurlah. Teruslah berseru, berdoa, mencari dan menanyakan Tuhan dengan segenap hati serta alami terus rancangan damai sejahtera-Nya dalam hidup.

GB.255: 2
Doa : (Tuhan, jadikan kami umat baru yang berseru dan mencari Engkau)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *