KAMIS, 23 MEI 2019 – Renungan Pagi

69 Kali dibaca, Diterbitkan: 23 May 2019        


 

MINGGU IV SESUDAH PASKAH

KJ.259 : 1,2 – Berdoa

KERJASAMA

1 Raja-Raja 22 : 1-4
“Lalu katanya kepada Yosafat: “Maukah engkau pergi bersama-sama aku untuk memerangi Ramot-Gilead?” Jawab Yosafat kepada raja Israel: “Kita sama-sama, aku dan engkau,rakyatku dan rakyatmu, kudaku dan kudamu”(ay.4)

Ada dua orang pria tinggal di pinggir sebuah hutan berniat membangun rumah. Mereka bekerja seorang diri membangun rumahnya masing-masing, tanpa bantuan orang lain. Hingga berbulan-bulan tidak ada satupun diantara mereka yang berhasil menyelesaikan rumah tersebut. Mereka hanya kuat mengangkut batu-batu kecil saja dan diletakkan di pinggir hutan. Sebenarnya mereka butuh batu besar untuk fondasi, tetapi tidak ada satupun yang kuat untuk mengangkat batu besar itu.

Setelah hampir putus asa, maka datanglah seorang pria dan bertanya: “Mengapa kalian mengumpulkan batu di pinggir hutan?” Kedua pria tersebut menceritakan bahwa mereka masing-masing ingin membuat rumah, namun kemampuan mereka tidak cukup; pria itu pun berkata: “kenapa kalian tidak bekerjasama, percayalah hal itu akan meringankan kerja kalian.” Akhirnya, keduanya saling berpandangan dan memutuskan untuk saling bekerjasama membangun dua rumah yang berbeda. Merekapun dapat menyelesaikan rumah itu dalam kurun waktu kurang dari setengah tahun.

Raja Ahab mengajak Raja Yosafat bekerja sama untuk memerangi Ramot Gilead. Raja Ahab menyadari bahwa kalau sendiri kekuatannnya sangatlah terbatas untuk dapat menghadapi Ramot. Karena itu ia mengajak Raja Yosafat dengan pasukan perangnya. Kerjasama sangat penting. Jika satu tim ingin mencapai keberhasilan, maka saling mendukung dan membantu sangat diperlukan, agar setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Dalam pelayanan dibutuhkan kerjasama, begitu juga dalam keluarga membutuhkan Kerjasama antar anggota keluarga. Hal ini penting, karena kehidupan yang kita jalani semakin sulit. Banyak tantangan, jika kita hanya mengandalkan kekuatan dan kemampuan kita sendiri saja, maka kita tidak akan mampu melaksanakannya. Sebaliknya, kita akan kuat bila bersama-sama dan bekerja sama. Lebih dari pada itu melibatkan dan mengandalkan Tuhan dalam segala hal. “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada TUHAN.” (Yer.17:7)

KJ.259 : 3,4
Doa : (Ya Tuhan, jadikanlah hidup kami berguna bagi sesama, dan selalu hidup yang berharap dan mengandalkan Engkau)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *