SELASA, 25 JUNI 2019 – Renungan Malam

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 25 June 2019        


 

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

GB 100:1 – Berdoa

TEGAKKANLAH KEADILAN!!

Amos 5:14-17
Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan (ay.’i 5)

Perintah untuk menegakkan keadilan pada bacaan kita saat ini, karena di masa nabi Amos, umat Israel telah hidup dalam kejahatan. Mereka memilih hidup dalam ketidak-benaran dan cendrung mencintai yang jahat. Tidak heran jika hasil panen gagal sehingga para petani berkabung (ay.’16), dan bahkan simbol berkat yaitu kebun anggur justru penuh dengan ratapan (ay.17).

Sekali lagi, penyebab utama dari bencana itu adalah umat Israel yang hidup mencintai kejahatan dan membenci kebenaran. Apakah ukurannya? Ukurannya adalah ketika keadilan tidak ditegakkan. Apa sebenarnya yang umat Tuhan ini lakukan sehingga mereka mengalami kemalangan? Perhatikan bacaan pagi tadi. Mereka menindas yang miskin dan lemah dan memutar balikkan kebenaran dan keadilan. Perbuatan ini dimurkai oleh TUHAN.

Sebelum menutup malam ini, Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa hal utama yang mesti dilakukan adalah mengejar dan menegakkan keadilan. Sudahkan kita berbuat adil sepanjang pagi hingga malam ini? Adakah yang terlukai ketika perlakuan tidak adil terjadi bagi orang di sekitar kita? Bagaimana dengan anak-anak kita? Sudahkan kita membagi perhatian sama rata dan adil dengan mereka? Bagaimana dengan pasangan kita, suami atau istri kita? Apakah mereka mengecap keadilan Tuhan dalam rumah tangga melalui kita? Jika belum, jika ada yang terlanjur kita lakukan, pulihkan hati mereka dan mari berbenah untuk menghadirkan kasih dan sukacita dalam keluarga dengan menegakkan keadilan untuk mereka.

Selanjutnya, sudahkan kebenaran kita lakukan dalam keseharian hidup kita, termasuk di hari ini. Benarkah kejahatan adalah yang kita benci selama ini? Menutup hari ini, cobalah introspeksi diri!! Diri kita, rumah tangga dan keluarga kita sudahkan memberlakukan kebenaran? Ya.. jangan muluk-muluk melakukan kebanaran dan menegakkan keadilan di negeri ini. Mulailah dalam keluarga, rumah tangga kita. Niscaya berkat menjadi bagian hidup kita.

GB.100: 2
Doa : (Tuhan, mampukan kami menegakkan keadilan)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *