Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 4 September 2020 – Renungan Malam

MINGGU XIII SES.PENTAKOSTA

GB. 107 : 1 – Berdoa

Kidung Agung 6 : 12 – 7 : 1

Melangkah Dengan Hati

Ketika jatuh dari motor beberapa tahun yang Ialu, saya tidak dapat berjalan karena sakit di bagian lutut dan paha. Jangankan berjalan, untuk bangun dari tempat tidur dan duduk saja sangat sakit. Peristiwa tersebut memberikan pembelajaran penting bahwa saya harus mensyukuri apapun yang bisa dilakukan dan sadar bahwa setiap langkah itu berharga. Pada pengalaman lain, saya melihat orangtua yang selalu bersukacita meskipun setiap hari harus duduk di kursi roda. Mengamati hal ini saya kembali belajar, bahwa cara melangkah tidak terpaku pada menggunakan kaki. Hati yang bersukacita adalah juga cara melangkah dalam menjalani kehidupan yang harus kita lalui.

Langkah yang disampaikan dalam Kidung Agung 7: la, adalah puji-pujian mempelai laki-laki terhadap mempelai perempuan, khusus terkait cara ia melangkah. Puji-pujian ini tentu diungkapkan sebagai rasa syukur terhadap kehidupan. Puji-pujian sang mempelai laki-laki, meskipun ditujukan kepada mempelai perempuan yang melangkah, tetapi juga tersirat puji syukur kepada Sang Pemberi Kehidupan (bnd. Mzm. 44:9). Oleh sebab itu pujiannya sekali- gus ungkapan syukur atas kehadiran sang mempelai perempuan di dalam kehidupannya.

Sering tanpa sadar kita menganggap melangkah adalah pekerjaan sederhana dan tidak penting untuk diperhatikan. Bacaan hari ini mengajak kita untuk mewaspadai setiap langkah karena setiap langkah sangat berarti bagi masa depan setiap orang. Jika salah melangkah maka kita akan tersesat, sehingga perlu usaha gigih dan sabar untuk memulihkan dampak yang ditimbulkan. Tetapi ada yang lebih penting lagi, yaitu bahwa kita tidak sekadar mampu melangkah, tetapi mesti berusaha untuk melangkah dengan hati yang penuh sukacita. Apapun kondisi kitajika hati dipenuhi sukacita dan syukur kepada TUHAN, maka setiap hari pasti dapat dilalui sekalipun ada tantangan.

GB. 107 : 5
Doa : (Allah Bapa mohon penuhi hati kami dengan sukacita dan syukur dalam menjalani kehidupan setiap hari)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya