Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu, 21 Januari 2018 – Renungan Malam

 

Minggu III Sesudah Epifania

Minggu, 21 Januari 2018
Renungan Malam

MEMERANGI KECURANGAN

Mazmur 12
“Engkau, TUHAN, yang akan menepatinya, Engkau akan menjaga hati kami senantiasa terhadap angkatan ini.” (ay.8)

“Cheating is a choice, not a mistake” (berlaku curang adalah pilihan, bukan kekhilafan). Kutipan tersebut ada benarnya! Orang yang berlaku curang pastilah memiliki niat, motivasi dan tujuan dari tindakannya. Ia bahkan sanggup merancangkan perbuatan keji demi keuntungan dan kepuasan pribadinya. Orang yang curang umumnya senang merugikan sesama tanpa peduli dengan kesusahan dan penderitaan yang ditimbulkannya. Orang demikian, menurut Daud, semakin bertambah banyak di masyarakat pada zamannya. Mereka berlaku curang dengan mengumbar kata-kata yang manis dan sedap didengar, namun semua itu palsu, busuk dan penuh dusta (ayat 3, 4, 9). Akibat perbuatan curang, banyak orang tertipu dan mengalami kerugian bahkan terjepit oleh kemiskinan (ayat 6). Menyadari hal tersebut, Daud sebagai pemimpin Israel berseru kepada Tuhan di dalam nyanyiannya. Ia meminta agar Tuhan segera bertindak unutk memenuhi janji-Nya yaitu memberkati orang benar dan menghukum orang fasik. Sikap Daud ini didasarkan pada keyakinan bahwa janji Tuhan adalah janji yang murni (ayat 7). Tuhan tidak mungkin membiarkan orang curang bertahan selamanya di bumi. Sebaliknya, Ia pasti akan memulihkan kehidupan mereka yang dicurangi. Keyakinan Daud kepada janji Tuhan ini kiranya juga menjadi keyakinan kita yang hidup di abad 21 ini. Perbuatan curang seperti menipu, plagiat, korupsi, berzinah, dan lain sebagainya memang kian marak terjadi. Namun semua itu bukanlah alasan bagi kita untuk turut melakukannya. Sebaliknya sebagai orang percaya, kita justru dipanggil untuk mendoakan negeri ini dan terus mengupayakan transformasi melalui sikap takut akan Tuhan dalam kerja-layan kita demi kesejahteraan bersama. Selamat memerangi kecurangan. Tuhan memampukan kita!


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya